Daerah  

Lapas Cirebon Lakukan Screening TB HIV Hepatitis Pada Warga Binaan

Avatar of Redaksi
Lapas Cirebon Lakukan Screening TB HIV Hepatitis Pada Warga Binaan
Keterangan foto : Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Cirebon Dapatkan Pencegahan Virus Melalui Screening TB HIV Hepatitis, (Kamis, 8/6/2023)

HarianTerbit.id, Cirebon | Lapas Cirebon besama dengan Penabulu Kota Cirebon lakukan skrining TB HIV-Hepatitis Pada warga binaan.

Kegiatan dipandu dan dibuka oleh Restu Permadi selaku perawat Lapas Cirebon.

“Lakukan pemeriksaan atau Skrining ini dengan tertib, dikarenakan untuk kebaikan kita bersama agar selalu menjaga kesehatan dan mengetahui hasilnya jika nantinya terjangkit atau terinveksi agar segera ditangani dan diobati.”Ujar Restu.

Skrining tersebut dilakukan dengan focus untuk memberantas TBC yang merupakan penyakit menular berbahaya.

Skrining diprioritaskan untuk warga binaan operan atau warga binaan baru dari Lapas lain.

Tahapan skrining dintaranya adalah pengecekan kondisi kesehatan, warga binaan ditanya bagaimana kondisi yang dirasakan saat ini.

Setelah itu warga binaan diarahkan untuk mengambil sampel dahak ke dalam tempat yang sudah disiapkan.

Sebelum pengambilan sampel dahak, warga binaan dicek terlebih dahulu tensi, serta kondisi badan lainnya seperti tinggi dan berat badan.

“Pemberantasan terhadap TB HIV-Hepatitis harus rutin dilakukan, mengingat penyakit ini adalah penyakit yang penularannya cukup cepat, maka dari itu harus kita cegah dan obati serta dilakukan karantina”. Ujar Ibu Agung dari Penabulu.

Hasil Skrining akan diuji terlebih dahulu di lab dan baru mendapatkan hasilnya di hari besoknya.

Apabila terdapat warga binaan yang terjangkit atau terinveksi TB HIV-Hepatitis, maka akan dipisahkan atau di karantina agar tidak menularkan ke warga binaan lainnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan skrining tersebut, kesehatan seluruh warga binaan dapat terpantau sehingga tidak menimbulkan penularan yang tentunya dapat merugikan dan berkepanjangan. (Deni/red) 

banner 325x300
Ikuti kami di Google News