Pelatihan Relawan Pos Gizi DAHSAT Berkontribusi Terhadap Percepatan Penurunan Angka Stunting

Avatar of Redaksi
Pelatihan Relawan Pos Gizi DAHSAT Berkontribusi Terhadap Percepatan Penurunan Angka Stunting I Harian Terbit

HARIANTERBIT.ID(Pandeglang) – Berbagai Pelatihan dan Sosialisasi terhadap Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Relawan Pos Gizi DASHAT yang terus gencar dilakukan oleh Program PASTI dan Pemda Pandeglang beserta mitra Pemerintah daerah lainnya akan memberikan kontribusi nyata terhadap percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Pandeglang, “demikian disampaikan Kepala DP2KBP3A Kabupaten Pandeglang Achmad Saepudin saat memberikan arahan kepada para relawan Pos Gizi DASHAT Kecamatan Cimanuk dan Picung, Rabu (3/10/2023) bertempat di Gedung PGRI Kecamatan Cimanuk Pandeglang.

“Kami optimis Pelatihan bagi para Relawan Pos Gizi DASHAT merupakan salah satu upaya untuk percepatan penurunan angka prevalansi stunting di Kabupaten Pandeglang, “ucapnya.

Menurutnya, DASHAT sendiri merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu, melalui pemanfaatan sumberdaya lokal termasuk bahan pangan lokal yang dapat dipadukan dengan sumberdaya/kontribusi dari mitra lainnya, “terangnya.

BACA JUGA;Sekda Lantik 45 Pejabat Esselon III Dilingkup Pemda Pandeglang

Ia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Pandeglang siap mengikuti dan mendukung program dari Pemerintah Pusat yakni program DASHAT dengan melakukan kerjasama dengan 88 perwakilan Kampung KB se-Kabupaten Pandeglang.”ungkapnya.

“Pemkab Pandeglang akan terus mendukung berbagai program Pemerintah Pusat dalam rangka penangulangan stunting, tentu saja program ini terlaksana tidak lepas dari pendampingan, arahan, dukungan dari dan mitra pemerintah yang senantiasa memberikan perhatian kepada masyarakat serta kepada Pemerintah daerah karena program  ini sangat memberikan arti penting untuk nanti kami implementasikan ditengah-tengah masyarakat,”terangnya.

BACA JUGA;Sangsaka Merah Putih Sepanjang 1001 Meter Dibentangkan Di Mandalawangi Pandeglang.

Sementara itu, Distric Coordinator Program PASTI Kabupaten Pandeglang Nana Rahmat dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan kapasitas SDM bagi para relawan agar memiliki pemahaman, kesadaran, dan perilaku yang positif, dalam rangka penurunan prevalansi angka stunting di Kabupaten Pandeglang, “kata Nana.

Ia menegaskan program PASTI adalah program kemitraan antara BKKBN dengan USAID, Tanoto Foundation, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), PT Bank Central Asia Tbk, dan Bakti Barito yang diimplementasikan oleh Wahana Visi Indonesia sebagai implementor dan Yayasan Cipta sebagai sub-implementor untuk penanganan stunting, “tegasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan kegiatan Pelatihan Relawan Pos Gizi Dashat merupakan program PASTI yang berkelanjutan, setelah Tanggal 20 – 21 September 2023 yang lalu kita melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi Relawan Pos  Gizi DASHAT dari tujuh Desa di Kecamatan Picung, dan dilanjutkan Pelatihan Relawan Pos Gizi DASHAT Kecamatan Cimanuk Tujuh Desa dan Pelatihan Relawan Pos Gizi DASHAT Tanggal  Tanggal 4 – 5 Oktober 2023 untuk 4 Desa di Kecamatan Cimanuk dan 2 Desa di Kecamatan Picung, sehingga Relawan di 20 Desa memperoleh Pelatihan Pos Gizi DASHAT, “tutur Nana.

Beliau menyampaikan tujuan Pos Gizi DASHAT adalah merhabiltasi/memulihkan anak kurang gizi dengan cepat, mempertahankan hasil pemulihan dan mencegah kekurangan gizi di masa depan. Sedangkan kegiatan Pos Gizi DASHAT ada dua  yaitu Pos Gizi Positive Deviance (PD) dan Dashat. Intervensi Pos Gizi PD dan DASHAT adalah Pemberian makan dengan demonstrasi cara masak berbasis pangan local. Dengan sasaran Pos Gizi PD yaitu Anak 2T  (tidak naik lebih dari sekali di Posyandu) dan Anak Gizi Kurang (underweight), sedangkan sasaran DASHAT yaitu Anak T (tidak naik sekali di Posyandu).

Setelah kegiatan Pelatihan Para relawan akan berkoordinasi dengan Kepala desa dan Bidan Desa/Puskesmas untuk Melaksanakan Kegiatan Pos Gizi DASHAT di desanya masing2, Mulai dari Mendata anak yang masuk katagori anak 2T, underweight dan  anak T, memberikan intervensi kepada  saasaran dan memonitoring perkembangan sasaran anak 2T dan T.

Kegiatan Pos Gizi DASHAT ini perlu dukungan dan Komitmen dari pada Relawan Pos Gizi Dashat, Kepala Desa, Ketua PKK dan Masyarakat.

Ia berharap kegiatan pelatihan ini,  adanya penguatan dan peningkatan SDM bagi para relawan Pos Gizi Dashat, karena relawan ini merupakan garda terdepan dalam penanganan stunting dan melahirkan generasi SDM yang berkualitas dalam menurunkan angka stunting dan menyiapkan generasi emas di 2045, “harapnya.

Kegiatan Pelatihan Relawan Pos Gizi DASHAT secara resmi dibuka oleh Kepala DP2KBP3A Kabupaten Pandeglang Achmad Saepudin, dan dihadiri Camat Cimanuk Dedi Taftajani, Kepala Bidang Dalduk DP2KBP3A Hidayatullah dan diikuti oleh para Relawan Pos Gizi DASHAT dari Kecamatan Cimanuk dan Kecamatan Picung.**(ASEP WE, Sudenico)