Menulis Sebuah Kebenaran

DPKP Pandeglang Optimalkan Peran PPL Untuk Produktivitas Melalui Sekolah Lapang

diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian

HARIANTERBIT.ID (PANDEGLANG) – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) tengah giat melaksanakan Sekolah Lapang di 35 kecamatan Kabupaten Pandeglang.

Keterangan Poto:Sekretaris DPKP Pandeglang Uun Junandar, SP., MM(BERBAJU PUTIH)

Melalui sekolah lapang diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian yang nantinya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani setempat.

Disini peran petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) sangat besar dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan para petani setempat.

BACA JUGA:Ketika Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati Beradu Akting
Sekretaris DPKP Pandeglang Uun Junandar, SP., MM mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang komitmen untuk mengoptimalkan peran penyuluh dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian melalui sekolah lapang.
“Peran dalam sekolah lapang adalah penyuluh sebagai motivator, inovator, fasilitator dan komunikator dan informasi terkini yang dibutuhkan pelaku utama agar petani bisa lebih mandiri,” katanya, usai mendampingi Kepala DPKP Pandeglang membuka sekolah lapang tematik pertanian organik di Desa Cibaliung, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Jumat (25/08/2023).

BACA JUGA:Anggaran Hibah Rp 74 Miliar Tahun 2022 di Lebak Jadi Sorotan, Sekjen Mata Hukum : Masih Kita Telusuri dan Tim Sudah Bergerak
Melalui sekolah lapang, Uun Junandar berharap para penyuluh dituntut untuk mentransfer inovasi teknologi pertanian kepada kelompok tani melalui komunikasi yang efektif dan efisien.
Sehingga dengan demikian, petani dengan bantuan penyuluh memperoleh banyak manfaat dengan adanya kegiatan SL ini terutama dalam peningkatan produksi dan produktivitas pertanian
Uun Junandar menegaskan bahwa keberhasilan atas capaian-capaian yang diperoleh oleh Pemkab Pandeglang semuanya hanya dapat dicapai oleh karena gencarnya kegiatan penyuluhan selama ini.
“Berbagai penghargaan yang diterima Pemkab Pandeglang dan meningkatnya produksi pertanian ini menjadi bukti sinergitas dan kerjasama yang kuat antar stakeholder dalam program pembangunan pertanian Kabupaten Pandeglang,” tukasnya. (Asep WE)***

You might also like