Menulis Sebuah Kebenaran

Kepala DPKP Pandeglang Semangati PPL Pastikan Petani Untuk Terus Berproduksi

HARIANTERBIT.ID (PANDEGLANG) – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP memotivasi para Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang tersebar di 35 Kecamatan untuk tetap semangat dalam menjalankan tugasnya ditengah ancaman perubahan iklim yang berdampak pada sektor pertanian.

Dia meminta petugas PPL untuk terus mendampingi para petani, kelompok tani (Poktan) maupun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayah kerja masing-masing untuk memastikan petani di Kabupaten Pandeglang terus berproduksi menambah luasan dan meningkatkan provitas,

“Saya minta Koordinator Penyuluh (Koorluh) kecamatan dan PPL terus optimis mendampingi petani untuk kemajuan pertanian, terus dorong dan semangati petani untuk berproduksi menambah luasan dan meningkatkan provitas,” ungkap Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP usai memimpin rapat terbatas (Ratas) jajaran Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, di Ruang Kerjanya, Rabu 25 July 2023.

BACA JUGA:KASAD Resmikan Program TNI, Penggunaan Fasilitas Air Bersih di Sambut Ribuan Warga Lebak

Dirinya juga mendorong seluruh jajarannya di lapangan sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di Kabupaten Pandeglang untuk menuntaskan seluruh rencana kerja dan program kegiatan dibidang pertanian yang sudah diagendakan pada TA. 2023

“Selesaikan semua kegiatan yang sudah turun bibit, benih, dan obat serta pupuk maksimalkan untuk aktivitas bertanam. Kawal terus sehingga tidak ada benih yang belum tertanam, laporkan perkembangan tanam, panen dan produksinya,” tegasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) DPKP Pandeglang Nuridawati, Sp., MM optimistis program kegiatan dibidang yang menjadi tugas pokok dan pungsinya dapat direalisasikan sesuai target tahun ini.

“Untuk realisasi jagung misalnya, hingga pertengahan tahun ini sudah mencapai 40 persen. Begitupun target tanam kedelai di lahan sawah sudah 45 persen.,” ujarnya.

Dia mengajak para Koorluh dan PPL maupun petani untuk bahu membahu melakukan Gerakan tanam Kembali mumpung masih ada hujan.

“Alhamdulillah Kecamatan Panimbang sudah mulai lagi tanam kedelai di lahan sawah tadah hujan, semangat semuanya, tanam terus kedele dan jagungnya,” katanya.

BACA JUGA:Pemkab Pandeglang MOU Dengan Ombudsman RI

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Tani Mukti Kecamatan Panimbang, Tasma mengatakan pihaknya saat ini sedang giat melakukan tanam Kembali kacang kedelai.

Melalui video yang dikirim Koorluh BPP Kecamatan Panimbang pada Rabu (26/07.2023) Poktan Tani Mukti dirinya memperlihatkan bagaimana giat gerakan tanam (Gertam) kacang kedelai bersama para p[etani setempat dilakukan.

BACA JUGA:16 Pejabat Eselon II dan III Lingkup Pemkab Pandeglang Dilantik

Tasma berharap giat tanam kedelai kali ini berhasil dan menuai sukses panen yang melimpah sebagaimana panen sebelumnya.

“Mudah mudahan di kasih rejeki yang banyak yang bagus supaya sukses panen,” kata Tasma.

“Insyaallah Kalo kita ada kemauan pasti ada miliknya ada buktinya yang penting kita nyariat. Kita jangan takut hujan ya, jalan terus kelompok Tani Mukni berjalan. Kalau hujan ada benih, Kalo kemarau ada kedelai. Jadi insyaallah Tani Mukni maju selamanya,” tandasnya. (Asep WE)***

You might also like