Menulis Sebuah Kebenaran

Wujudkan Indonesia Sehat, Dokter Makky Gelar Cek Kesehatan Gratis di Indramayu

Harianterbit.id Indramayu – Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat. Karena, untuk menjalani kehidupan sehari-hari, akses kesehatan juga semestinya mulai dibangun merata pada seluruh wilayah Indonesia. Tanpa terkecuali untuk daerah yang lokasinya jauh dari perkotaan. Bahkan, akses kesehatan beberapa daerah di Pulau Jawa sampai saat ini masih belum tercukupi.

Demikian yang diungkapkan oleh Dr Muhammad Makky Zamzami. Caleg DPR RI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nomor urut satu daerah pemilihan Jawa Barat VIII yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu. Dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu (21/10/2023), ia menanggapi banyaknya keluhan masyarakat mengenai sulitnya akses kesehatan.

Ia yang merupakan seorang dokter, mendedikasikan diri untuk memberikan akses kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar cek kesehatan gratis di Desa Sliyeg, Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Cek kesehatan kali ini, kata dia, menyasar masyarakat dan kalangan ibu-ibu kurang mampu. Antusias itu nampak dengan banyaknya yang berdatangan untuk mengikuti cek kesehatan gratis ini.

“Cek kesehatan gratis ini dilaksanakan dengan menyasar masyarakat dan kalangan ibu-ibu,” ujarnya.

Selain cek kesehatan gratis, sebagai praktisi kesehatan Dr Makky juga menyampaikan betapa pentingnya pola hidup sehat. Salah satu kunci kesehatan adalah menjaga pola hidup bersih dan sehat. Dengan begitu, kesehatan individu dan masyarakat akan senantiasa terjaga. Selain hidup sehat, lingkungan pun akan terjaga.

Sementara, masyarakat Desa Sliyeg sangat senang dengan hadirnya Dr Makky beserta para relawan untuk menggelar cek kesehatan gratis. Karena akses kesehatan di desa sliyeg ini dirasa sangat minim. Terlebih akses ke rumah sakit juga terbilang sangat jauh.

“Kegiatan ini jelas sangat membantu, terutama dari segi kesehatan untuk masyarakat, masyarakat kecil sangat terbantu oleh kegiatan cek Kesehatan gratis yang diadakan oleh Dr Makky ini, harapan dari kami Dr Makky bisa duduk di parlemen dan menitipkan aspirasi dari masyarakat agar kegiatan ini terus berlanjut,” ungkap Rosidin, selaku Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PKB Kecamatan Sliyeg.

Rosidin menuturkan, masyarakat membutuhkan payung hukum atau aturan berbentuk Undang-undang yang berpihak kepada masyarakat menengah kebawah. Khusunya yang fokus mengenai kesehatan. Karena menurut Rosidin masih banyak masyarakat dibawah yang mengeluhkan susahnya mendapatkan BPJS.

Kebijakan BPJS ini, kata Rosidin, perlu diperbaharui lagi oleh Pemerintah selaku pemangku kebijakan, dan tentunya dibutuhkan seseorang yang paham akan hal ini. Oleh karena itu, harapan masyarakat tertuju kepada sosok Dr Makky, dokter muda dan praktisi kesehatan yang penuh dedikasi pada masyarakat.

“Masyarakat memerlukan perhatian lebih terutama akses mengenai Kesehatan yang masih kurang dan belum berpihak bagi Masyarakat menengah kebawah,” tambah Rosidin.

You might also like