Warek I UM Jambi Dorong Kolaborasi Antar Provinsi di Sumatera

Avatar of admin
Warek I UM Jambi Dorong Kolaborasi Antar Provinsi di Sumatera I Harian Terbit

HARIANTERBIT.ID – Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi Irmanelly berhasil meraih gelar doktor pada ujian promosi Doktor Ilmu Ekonomi di kampus Universitas Negeri Jambi (UNJA) Telanaipura, Kota Jambi, Selasa (22/3/22)

Dengan disertasi yang berjudul “Inklusivitas Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-Provinsi di Sumatera” Irmanelly berhasil menjawab pertanyaan dengan baik.

Dalam disertasinya, Irmanelly menjelaskan bagaimana pertumbuhan ekonomi provinsi yang ada di Sumatera. Ia menyebutkan variabel tenaga kerja, belanja modal, lapangan usaha dan infrastruktur berpengaruh signifikan terhadap ekonomi provinsi di Sumatera.

“Pertumbuhan ekonomi iklusif melalui tiga pendekatan indikator UNDP seperti kemiskinan, ketimpangan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja di Sumatera berada dalam kondisi inklusif memuaskan dengan nilai dimensi sebesar 0,49,” paparnya.

Baca juga : Aliansi Masyarakat Peduli Bumi Sarolangun Minta Kejagung RI usut Kasus IUP Batu Bara di kabupaten sarolangun

Sedangkan untuk variabel Asian Development Bank (ADB) melalui indikator pembangunan gender, lanjut Irmanelly, angka harapan hidup dan rata-rata lama sekolah adalah sebesar 0,57 atau dalam kondisi inklusif menengah.

“Kemudian hasil perhitungan dengan model inklusif untuk model World Economic Forum (WEF) melalui indikator seperti keuangan, perlindungan sosial dan indeks perilaku anti korupsi berada dalam dengan nilai dimensi rata-rata sebesar 0,61 atau dalam kondisi inklusif rendah,” terangnya.

Irmanelly menambahkan, jika dilihat dari gabungan tiga model UNDP, ADB dan WEF memperlihatkan kondisi dimensi rata-rata inklusifitas provinsi-provinsi di Sumatera adalah 0,56. “Dengan tingkat inklusif menengah,” ujarnya.

Dari hasil penelitiannya tersebut, Irmanelly menyarakan kepada pemerintah provinsi-provinsi di Sumatera berkolaborasi dari segi peningkatan mutu tenaga kerja melalui pembangunan pendidikan unggulan di Sumatera yang berbasis pada IT.

“Selain itu perlu juga kolaborasi dalam membangun infrastruktur antar provinsi melalui pembiayaan bersama yang didukung oleh belanja modal daerah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Irmanelly berhasil mendapatkan nilai A pada ujian kali ini. Ia juga dinyatakan sebagai lulusan doktor ke-58.

Tim penguji sidang promosi doktor Irmanelly diketuai oleh Dr Sofia Amin, M.Si, Sekretaris Prof. Dr Johannes, SE, MS dengan anggota penguji Prof. Dr. M. Rachmad, R, SE, MS dan Dr. M Safri, SE, M.Si.

Sementara untuk promotor Prof. Dr. H. Amri Amir, SE, MS dan Co Promotor Dr. H. Zamzami, SE, M.Si beserta Dr. H. Syaparuddin, SE, M.Si. (seb)

banner 325x300
Ikuti kami di Google News