Menulis Sebuah Kebenaran

Wakil Bupati Pandeglang Tanto : Turunkan Stunting Perkuat Kerjasama Lintas Sektoral

HARIANTERBIT.ID(JAKARTA)– Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar kegiatan Forum Nasional Stunting 2022 di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban ikut serta menghadiri Forum Nasional Stunting 2022.

Kegiatan Forum Nasional Stunting 2022 dibuka oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin selaku Ketua Pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting Nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan Forum Nasional Stunting 2022 menjadi ajang kolaborasi antara pemerintah ataupun swasta sebagai upaya percepatan penurunan stunting, “kata Tanto.

Lebih lanjut Ia mengatakan penanganan dan pencegahan stunting harus ditekan dari hulu ke hilir, mulai dari program rembuk stunting, edukasi hingga intervensi gizi.

“Untuk menangani permasalahan stunting, tentu saja harus ada penguatan kerjasama lintas sektoral, pencegahan tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah saja akan tetapi harus melibatkan masyarakat”, terang Tanto.

Ia menegaskan Pemkab Pandeglang terus berkomitmen dalam penanganan stunting, dengan berbagai program yang melibatkan kerjasama lintas sektor, semua dilakukan dengan tujuan pada percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Pandeglang, “tegasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam arahanya menuturkan bahwa hanya tersisa dua tahun untuk mencapai target prevalensi stunting 14 persen pada 2024 mendatang.

“Forum Nasional Stunting Tahun 2022 ini menjadi momen penting untuk melakukan evaluasi, introspeksi, dan refleksi. Waktu menuju target 14 persen hanya tersisa kurang dari dua tahun,” ujar Ma’ruf.

Ia menekankan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mengedepankan tugas penting demi mencapai target itu.

“Tanpa aksi nyata, penurunan stunting hanya ramai sebagai wacana dalam forum diskusi, tetapi sepi dalam implementasi. Oleh sebab itu kita harus maju bersama sebagai garda terdepan dalam menurunkan stunting,” tuturnya.**($udeni Co/Redaksi)

You might also like