Varietas Lokal Talas Beneng Asal Pandeglang Menembus Pasar Internasional

Avatar of Redaksi
Varietas Lokal Talas Beneng Asal Pandeglang Menembus Pasar Internasional I Harian Terbit

HARIANTERBIT.ID (PANDEGLANG) – Talas beneng yang sudah disertifikasi menjadi produk lokal Pandeglang yang sebelumnya hanya tanaman liar, tetapi saat ini menjadi varietas unggulan Nasional dan menembus pasar Internasional. 

“Awalnya tanaman ini liar, akhirnya menjadi produk lokal dan sekarang menembus pasar Internasional,” ujar Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE., MM pada acara Talkshow Bertani On Cloud (BOC) volume 217 program Badan Pengembangan Penyuluhan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementar RI) di Kampung Cinyurup, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Kamis, (23/02/2023)

Talkshow yang juga diikuti melalui zoom tersebut mengusung tema Pengembangan Varietas Lokal Terdaftar : Talas Beneng Asal Pandeglang Menembus Pasar Internasional dengan narasumber Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP), Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang, Peneliti BSIP Banten (Anggota PERAGI) dan Petani Talas Beneng. Kegiatan  dihadiri Bupati Pandeglang dan Ketua Umum PERAGI serta dibuka secara resmi oleh Kepala BPPSDMP Kementan RI

Menurut Irna, dengan dilepasnya talas beneng menjadi unggulan nasional, daerah manapun boleh mengembangkan namun dengan syarat benih dari Kabupaten Pandeglang yang sudah disertifikasi.

“Ini kesempatan besar buat masyarakat kami untuk dapat mengembangkan sehingga dapat meningkatkan tarap ekonomi,” tutur Irna.

Apalagi, kata Irna, saat ini talas beneng tersebut sudah banyak mengisi pasar Internasional seperti Negara Turki, Jepang dan Australia.

“Apresiasi terhadap petani, dan kami akan bersama petani sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar dunia dan akan merealisasikan”, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kabuapten Pandeglang  Dr.Nasir, SP., MBA., MP mengatakan, saat ini Talas Beneng bukan lagi komoditas lokal melainkan varietas nasional.

“Kemarin sudah dilepas, jadi talas beneng bisa ditanam di seluruh Indonesia,” katanya.

Namun meski talas beneng bisa ditanam dimana saja, tetapi di Kabupaten Pandeglang hanya ada 4 penangkar yang dapat menyediakan benih talas beneng.

“Gapoktan Juhut Mandiri Kelurahan Juhut Kecamatan Karangtanjung memiliki potensi 1 miliar pohon, Poktan Cempaka Sakti Desa Saninten Kecamatan Kaduhejo potensi bibit 700 ribu pohon, Poktan Taruna Tani Mandiri Desa Cempaka Kecamatan Kaduhejo potensi 400 ribu pohon, Poktan Curug Kelurahan Cilaja Kecamatan Majasari potensi 500 bibit pohon,” ujarnya. (Asep WE)***