Menulis Sebuah Kebenaran

Unma Banten Gelar Seminar Nasional Pendidikan Matematika

PANDEGLANG–Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Banten menggelar seminar nasional Pendidikan Matematika yang difasilitasi oleh Hibah PK-KM Kemendikbud tahun 2023 dalam rangka peningkatan peran guru matematika dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar era society 5.0 di Kampus Unma Banten, Senin (24/07/2023).

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Mathla’ul Anwar yang di wakili oleh Warek III Unma Banten, Dekan FKIP, Ketua LPM, Ketua LPPM, Jajaran Kaprodi FKIP, Perwakilan Civitas Akademika Unma Banten, Guru Matematika tingkat SMP dan SMA di wilayah banten dan seluruh mahasiswa pendidikan matematika.

BACA JUGA;Honorer Teknis Setda Kabupaten Pandeglang Siap Ikut Aksi Unjuk Rasa Ke DPR RI dan Kemenpan RB

Narasumber dalam kegiatan seminar nasional tersebut terdiri dari Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Tirtayasa, Prof. Maman Fathurrohman, Ph.D dan Dosen Pendidikan Matematika Unma Banten, Dr. Nenden Suciyati Sartika,MPd.

Dekan FKIP Unma Banten, Dr.Ika Meika,S.Si dalam sambutannya mengatakan para mahasiswa, guru dan dosen dapat mengimplementasikan merdeka belajar di lingkungan pendidikan masing-masing.

“Saya berharap acara ini dapat berjalan dengan baik dan diskusi dua arah,” harap Ika Meika.

Camelia Panduwinata Sambut 1 Muharam Bareng Warga Cilendek dengan Pawai Obor

Hal yang sama juga disampaikan oleh Rektor III Unma, Efi Hasan Rifai,SH,MH. Beliau berharap bahwa dosen, mahasiswa dan seiruh peserta kegiatan seminar dapat menjadikan kegiatan tersebut sebagai penambah wawasan dan keilmuan tentang peran guru dalam kurikulum merdek era society 5.0

“Seminar ini jadi motivasi para dosen dalam mengrmbangkan keilmuan, wawasan serta mengaplikasikannya,” katanya.

Prof.Maman Fathurrohman dalam seminar itu menyampaikan bahwa logika dan daya pikir manusia terus diolah melalui pembelajaran matematika.

“Untuk mengelola pengetahuan (knowledge) dan perkembangan teknologi semakin pesat. Hal tersebut jangan dilarang, akan tetapi dikendalikan,” bebernya.

Pemkab Pandeglang Dapat Bantuan Program Peningkatan Kualitas Rumah Layak Huni

Selain itu, Dr.Nenden Suciyati mengatakan bahwa dengan tema “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika”. Walaupun ada kemajuan teknologi tetapi belajar adalah hal yang utama.

“Teknologi tidak bisa dilawan dan dilarang-larang, siap tidak siap kita harus menghadapi tantangan itu,” katanya.

Seminar Nasional tersebut di moderatori oleh Ketua Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unma Banten Dr.Asep Sahrudin,M.Pd. pada kegiatan tersebut menyatakan, bahwa seminar nasional ini merupakan seminar nasional pendidikan matematika yang diselenggarakan prodi pendidikan matematika FKIP Unma Banten yang ke-9 kali.

“Seminar nasional pendidikan matematika tahun ini merupakan seminar yang didanai oleh PK-KM Kemendikbud Tahun Angggaran 2023 dan berharap kegiatan tersebut menjadi sarana bagi guru, dosen, mahasiswa dan seluruh peserta seminar untuk meningkatkan wawasan dan kapasitasnya baik sebagai calon guru, guru, atau sebagai dosen dalam menghadapi kurikulum merdeka era society 5.0,” terangnya.

Dimana lanjut Dr.Asep, dengan kurikulum tersebut dunia pendidikan mengarah pada pembelajaran yang modern dan mengedepankan teknologi sebagai media pelaksanaannya dan guru siap dengan implementasi merdeka belajar di era society 5.0 **(REDAKSI)

You might also like