Uji Kelayakan Bacaleg, PKB Menjadi Panggung Kaum Muda untuk Berbakti dan Berkarya Untuk Bangsa

Avatar of Redaksi
Uji Kelayakan Bacaleg, PKB Menjadi Panggung Kaum Muda untuk Berbakti dan Berkarya Untuk Bangsa I Harian Terbit

Harianterbit.id

Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB mulai menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI. UKK ini bakal dilakukan secara berkesinambungan hingga bulan Maret 2023 nanti,” Jakarta 21/2/23.

Anggota Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP PKB, KH Maman Imanulhaq mengatakan, tahun 2024 mendatang, PKB menargetkan 100 kursi di parlemen RI. Menurutnya, target yang ditetapkan itu cukup rasional dan bukan sekadar isapan jempol belaka. Partai, kata Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB itu, telah menyiapkan road map (peta jalan) dan sejumlah strategi politik jitu untuk memenangkan pesta demokrasi 5 tahunan itu.

“Sebagai partai inklusif, PKB menjaring para bakal calon legislatifnya dari beragam latar suku, agama, profesi, serta dari berbagai level ekonomi masyarakat sebagai representasi kelompok masyarakat yang nantinya menjadi corong aspirasi publik di legislatif,” kata Kiai Maman Imanulhaq usai pembukaan UKK Bacaleg PKB di Kantor DPP PKB.

Kiai Maman yang juga merupakan Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi itu menegaskan, PKB punya komitmen besar untuk menjaring caleg-caleg yang punya integritas dan kapabilitas. Oleh sebabnya Uji Kelayakan dan Kepatutan ini dilakukan dengan melibatkan tokoh-tokoh sebagai tim penguji mulai dari akademisi, praktisi, ulama, jurnalis, dan aktivis NGO.

“Sebagaimana pesan Ketua Umum Gus Muhaimin Iskandar, PKB adalah panggung kaum muda untuk memperbaiki kehidupan bangsa, PKB juga menjadi panggung kaum muda untuk berbakti dan berkarya kepada bangsa, oleh karenanya PKB ingin memastikan para kadernya yang akan maju sebagai caleg adalah mereka yang profesional dan berintegritas,” imbuh Kiai Maman.

LPP PKB, tegas Kiai Maman, siap dan mendukung penuh proses pemilu dan pilpres yang akan diselenggarakan tahun depan. Kemarin juga Kiai Maman telah menerima kunjungan dari KPUD Majalengka di kediamannya di Majalengka, Jawa Barat. Ia berdiskusi dengan para petugas PPDP dan dengan antusias menjawab segala pertanyaan para petugas Pencocokan dan Penelitian (Coklit). Untuk diketahui, Coklit adalah kegiatan yang dilakukan oleh PPDP dalam Pemutakhiran data Pemilih dengan cara mendatangi Pemilih secara langsung.