banner 728x250

Simak! KAI Daop 1 Jakarta Mohon Maaf Atas Keterlambatan Kedatangan dan Keberangkatan KA

Avatar of Redaksi
Simak! KAI Daop 1 Jakarta Mohon Maaf Atas Keterlambatan Kedatangan dan Keberangkatan KA I Harian Terbit
banner 120x600

Harianterbit.id, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen akibat adanya banjir di wilayah Semarang, dikarenakan curah hujan yang masih tinggi mulai hari Rabu (13/3) s.d hari ini Kamis (14/3).

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menerangkan bahwa banjir menyebabkan kereta yang menuju Daop 1 Jakarta tertahan atau melintas dengan pembatasan kecepatan tertentu untuk keselamatan dan keamanan perjalanan. Adapun sejumlah KA yang terganggu merupakan KA lintas utara yang akan melalui wilayah Semarang.

Berikut sejumlah KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang mengalami keterlambatan dampak banjir di wilayah Semarang pada 14 Maret 2024 :

Keberangkatan Stasiun Gambir :

KA 2 Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya Pasar Turi dibatalkan dan Penumpang di alihkan dengan naik KA 62A Semberani tujuan Surabaya Pasar Turi berangkat pukul 09.50 Wib

Keberangkatan Stasiun Pasarsenen :

Terdapat 2 KA yang berpotensi mengalami keterlambatan saat berangkat dari Stasiun Pasar Senen, kedua KA tersebut adalah :
1.KA 220 Kertajaya Tambahan tujuan Surabaya Pasarturi
2.KA 132 Dharmawangsa tujuan Surabaya Pasarturi

Sejumlah perjalanan kereta api kedatangan Stasiun Gambir dan Pasar Senen mulai pukul 00.30 WIB pada lintas utara jawa, telah dilakukan dengan pola operasi memutar perjalanannya melalui jalur selatan jawa. Adapun daftar KA yang mengalami perubahan pola operasi sbb:

1. KA 77F Pandalungan tujuan Gambir estimasi kedatangan pukul 09:45 Wib dengan kelambatan 300 menit
2. KA 57 Brawijaya tujuan Gambir estimasi kedatangan pukul 09:59 Wib dengan kelambatan 300 menit

3. KA 3 Argo Bromo Anggrek tujuan Gambir estimasi kedatangan pukul 10:20 Wib dengan kelambatan 300 menit
4. KA 219 Kertajaya tujuan Pasar Senen estimasi kedatangan pukul 13:00 Wib dengan kelambatan 315 menit
5. KA 131 Dharmawangsa tujuan Pasar Senen estimasi kedatangan pukul 13:30 Wib dengan kelambatan 271 menit

“Dengan berubahnya pola operasi perjalanan kereta api ini, KAI mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terimbas perjalanan KA nya,” kata Ixfan.

Bagi para pelanggan yang terimbas perjalanan kereta api yang akan dinaikinya, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan akibat banjir yang saat ini sedang terjadi. “Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan, bagi pelanggan yang terdampak,” ujarnya.

Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Saat ini KAI terus melakukan upaya untuk perbaikan jalur akibat genangan air tersebut dan mengalihkan aliran air agar tidak menggenangi jalur KA agar jalur Kereta Api yang terdampak banjir kembali normal dan perjalanan KA dapat beroperasi dengan lancar.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan KA, KA Tambahan, dan penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Ibnu Surya).