Menulis Sebuah Kebenaran

Seribu Guru Madrasah Diniyah Dapat Bantuan Insentif dari Pemkab Pandeglang

HARIANTERBIT.ID (PANDEGLANG)-

Sebanyak 1000 guru Madrasyah Diniyah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Diniyah Takmaliyah (FKDT) Kabupaten Pandeglang akan mendapatkan bantuan hibah dari Pemkab Pandeglang senilai Rp 6 miliar melalui APBD tahun 2023.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabagkesra) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Pandeglang, Abdul Hadits Muntaha dalam acara rapat koordinasi FKDT Kabupaten Pandeglang yang dihadiri para kepala sekolah Madrasah Diniyah se-kabupaten Pandeglang yang akan mendapat bantuan insentif dari dana hibah tersebut.

“Ibu bupati telah berkomitmen akan memperhatikan para guru madrasah diniyah yang ada di Kabupaten Pandeglang sebagai kota santri dengan memberikan bantuan hibah untuk MDTA senilai Rp.6 miliar melalui Bidang Pendidikan Non Formal pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang,” ungkap Abdul Hadits Muntaha pada acara Rakor FKDT Kabupaten Pandeglang, Kamis (21/09/2023).

“Amanat ibu bupati semoga bantuan itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, jaga kekompakan dan kebersamaan,” sambungnya lagi.

Abdul Hadits mengatakan, semua Anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) direkofungsing akan tetapi untuk program FKDT tetap diberikan sesuai usulan, karena itu merupakan bentuk perhatian Bupati Pandeglang, Hj.Irna Narulita terhadap keberadaan Madrasyah Diniyah Takmaliyah dan TPQ yang ada di Kabupaten Pandeglang agar tetap maju dan berkembang memberikan pendidikan agama islam sesuai Peraturan Daerah (Perda) Diniyah nomor 01 tahun 2020 tentang wajib diniyah.

Ketua FKDT Kabupaten Pandeglang, KH.Endin Jaenudin pada kesempatan itu mengatakan program wajib diniyah telah diperdakan pada saat Bupati Pandeglang Dimyati Natakusumah sebagai bentuk perhatian pada madrasah dan guru ngaji waktu itu, serta komitmennya memajukan Kabupaten Pandeglang sebagai kota sejuta santeri, seribu ulama.

“Alhamdulillah hingga kepemimpinan Ibu Bupati Irna telah memberikan bantuan anggaran pada MDTA yang tergabung dalam FKDT Kabupaten Pandeglang yang cukup besar senilai Rp.6 miliar tahun 2023 ini untuk insentif guru madrasah,” beber Kiyai Endin.

“Untuk itu kami bersyukur dan berterima kasih pada Pemkab Pandeglang khususnya ibu bupati Irna,” imbuhnya.

Sedangkan Kepala Bidang PNF Dindikpora Kabupaten Pandeglang, H.Maman menjelaskan bahwa penyaluran dana hibah pada FKDT diterima langsung oleh masing-masing madrasah Diniyah dan PTQ melalui rekening yayasan madrasah tersebut.

“Peruntukannya 75 persen untuk insentif guru madrasah dan 25 persen untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) disesuaikan dengan muatan lokal di masing-masing madrasah dengan nilai besaran bantuan disesuaikan dengan jumlah murid. Bantuan hibah ini merupakan bentuk perhatian dan komitmen Pemkab Pandeglang pada pendidikan Islam,” katanya singkat, seraya menambahkan pihaknya akan secepatnya merealisasikan bantuan tersebut jika semua prosedur ditempuh sesuai ketentuan.

Hadir dalam acara rakor FKDT Kabupaten Pandeglang yaitu Asda I Pemkab Pandeglang Doni Hermawan, Kepala PLT.Kasat Pol PP Bunbun Buntara, Camat Pandeglang dan Lurah Kabayan. (Den)

You might also like