Menulis Sebuah Kebenaran

Rutan Bandung Datangkan Perpustakaan Keliling guna Tingkatkan Literasi Napi

HarianTerbit.id, Bandung | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bandung menggandeng Dinas Perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi jawa barat (Dispusipda) hadirkan layanan perpustakaan keliling khusus bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Baca Juga : Cerita Warga Binaan Rutan Kelas I Depok

Layanan Perpustakaan Keliling (Perpusling) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bertujuan untuk membantu program layanan kepribadian dan meningkatkan minat baca warga binaan dan menjadi salah satu pembuka wawasan, informasi dan jendela dunia bagi WBP.

Kepala Rutan Bandung, Suparman mengatakan, menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini.

Kegiatan Layanan Perpustakaan Keliling di Rutan Bandung ini Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tampak antusias memilih buku yang tersedia.

Setelah memilih buku yang diminati dan didata oleh petugas, warga binaan bisa meminjam buku tersebut melalui Perpustakaan Rutan Bandung.

Ini Juga : Rutan Kelas I Bandung Lakukan Kordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketapang, Begini Pentingnya

Kegiatan Ini dilaksanakan wujud Sinergi Rutan Bandung dengan Dinas Perpustakaan kearsipan daerah Provinsi Jawa Barat.

“Warga binaan Rutan Bandung memiliki tingkat minat baca yang tinggi. Koleksi di Perpustakaan Rutan Bandung terbatas.

Sehingga, dengan adanya Layanan Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah Provinsi Jawa Barat ini sangat membantu dalam penyediaan bahan bacaan yang berkualitas bagi warga binaan kami serta terobosan yang dilakukan bersama Dispusipda provinsi jawa barat sangat bermanfaat.

Baca Ini : Pemaparan Tugas Dan Fungsi Staf Khusus Di Rutan Kelas I Bandung

Selanjutnya, Memiliki peranan penting bagi terciptanya budaya membaca dan jembatan menuju meningkatkan pengetahuan bagi WBP. “Jadi warga binaan tetap bisa meningkatkan literasi meski di dalam Rutan,” katanya.

Suparman menambahkan dengan hadirnya perpus keliling ini menjadi sumber referensi, berkontribusi penting bagi terbukanya akses informasi, serta mewujudkan zero buta huruf bagi WBP.

Salah satu WBP perkara narkotika, mengaku senang dan antusias dengan hadirnya perpustakaan keliling. Sebelumnya sudah ada layanan perpustakaan di Rutan.

Baca Ini : Prestasi ASN Rutan Bandung Jadi Motivasi Lapas Cirebon

“Tapi dengan hadirnya perpustakaan keliling ini, menjadi efektif dan banyak buku-buku terbaru sehingga menambah wawasan kami sebagai WBP,” ucapnya. (Deni/red) 

You might also like