Purna Paskibraka Duta Pancasila Diminta Menjadi Benteng Negara

Avatar of Redaksi
Purna Paskibraka Duta Pancasila Diminta Menjadi Benteng Negara I Harian Terbit

HARIANTERBIT.ID, JAKARTA – Badana Pembinaan Ideologi Pencasila (BPIP) menetapkan Purna Paskibraka Duta Pancasila  angakatan sebelum 2021 gelombang pertama di Jakarta, (17/02/2022).

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tanaya, S.I.P meminta Purna Paskibra Duta Pancasila di seluruh Indonesia dapat menjadi benteng negara terutam dalam menjaga Pancasila.

“Saya mengajak kepada adik-adik Purna Paskibraka Duta Pancasila untuk mengabdikan diri menjadi benteng negara Republik Indonesia”, ucapnya saat menjadi keynote speaker.

Ia juga mengajak kepada Purna Paskibraka yang baru dikukuhkan itu untuk bergotong royong bergandengan tangan dan berkolaborasi secara pentahelix membumikan Pancasila sampai pelosok nusantara.

“Kita harus bergadengan tangan, berkolaborasi secara pentahelix dalam membumikan Pancasila” tegasnya.

“Tugas adik-adik belum selesai, Ibu Pertiwi memanggil, berdirilah dengan gagah dan jagalah Sang Saka Merah Putih tetap berkibar di seluruh pelosok Indonesia”, sambungnya.

BPIP menjadi daya tempur bagi masyarakat Indonesia yang berjiwa Pancasila baik dari fisiknya mapun dari non fisiknya dalam pembumian nilai-nilai Pancasila.

“Oleh karena itu saya ingin mengajak kepada semuanya, bahwa BPIP adalah dapurnya atau daya tempurnya Pancasila baik fisik maupun non fisiknya”, paprnya.

Kepala BPIP Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., P.hD berharap Purna Paskibra Duta Pancasila di seluruh Indonesia untuk memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Kita berharap para Duta Pancasila ini dapat memegang teguh Pancasila, Undang-undang dasar, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara”, ucapnya saat menyampaikan pengantar penetapan.

Mereka juga ditekankan harus menjadi teladan dalam mengutamakan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam laku hidup sehari-hari.

“Adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dalam wadah NKRI”, tutupnya.

Hal senada dikatakan Wakil Kepala BPIP Prof. DR. Hariyono, M.Pd. Ia menegaskan Purna Paskibra sebagai Duta Pancasila agar menjadi nahkoda pembumian Pancasila.

“Kami mengucapkan terimakasih dan berharap kepada Purna Paskibraka agar berkomitmen dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila”, ujarnya.

Tidak hanya mengibarkan bendera sejak upacara saja, tapi Purna Paskibra adalah pilihan, untuk memilih itu butuh persyaratan dan tidak semua orang memenuhinya.

“Ini artinya sejak proses pengangkatan, adik-adik memiliki nilai-nilai Pancasila” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Purna Paskibra Indonesia (PPI) Goesta Fariza  mengatakan menjadi Duta Pancasila adalah tanggungjawab tambahan sebagai pengurus PPI. Maka dari itu ia mengaku akan terus berkomitmen dalam pembumian Pancasila.

“Ini adalah tanggungjawab tambahan kami, sebagai Purna Paskibraka, maka dari itu kami akan berkomitmen dalam pembumian Pancasila”, ucapnya.

Ia juga mengaku menjadi Duta Pancasila adalah tugas mulia yang tidak akan berhenti sampai kapanpun dan sebagai ujung tombak dalam mengutamakan nilai-nilai Pancasila. Maka ia mengajak kepada seluruh Purna Paskibra yang ada di seluruh Indonesia bahkan luar negeri untuk menggelorakan Pancasila.

“Menjadi Duta Pancasila adalah tugas mulia yang tidak akan berhenti sampai kapanpun, saya mengajak kepada Purna Paskibra dimanapun berada mari gelorakan Pancasila”, ajaknya.

banner 325x300
Ikuti kami di Google News