Menulis Sebuah Kebenaran

Peringati HPSN, Sekolah Janji Baik Gerakan Siswa Kelola Sampah

HARIANTERBIT.ID(TANGERANG)–Lapak pemulung Anijaya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan  menggelar sosialisasi peduli sampah pada para siswa Janji Baik  untuk menggerakkan pengelolaan sampah di wilayah tersebut.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) 2023 yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2023 dengan tema “Peran Kita, Kelola Sampah”

Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Syifa Ufaira kepada media, Selasa (21/02/2023) usai acara tersebut.

Menurut Syifa Ufaira,  kegiatan yang bertujuan agar siswa lebih peduli terhadap lingkungan sekitar serta meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya memilah sampah sesuai jenisnya.

“Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Lapak pemulung Anijaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Beberapa siswa Janji Baik yang merupakan anak dari pemulung yang bertempat tinggal di lapak tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan,” terang Syifa.

Dikatakannya, selaras dengan amanat tema HPSN 2023 mengenai “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”, katanya.

Lailatul Fauziyah selaku Kepala sekolah Janji Baik menyambut baik dan mengapresiasi acara itu, bahwa permasalahan sampah di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan, terlebih masalah sampah rumah tangga.

“Masalah sampah membutuhkan adanya keterlibatan dari semua pihak, untuk itu momentum HPSN ini digunakan untuk menghimbau para peserta didik bijak kelola sampah dan kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Kegiatan HPSN ini sendiri lanjutnya, dimulai dengan adanya materi dan praktik dalam mengenal kategori sampah dan pentingnya memilah sampah. Kemudian, dilanjutkan dengan dongeng dari team Aqsyanna Less Waste (ALW) yang bercerita tentang pentingnya merawat lingkungan sekitar dengan judul “Pepi Penyu Sabuk Merah”.

“Selain diisi dengan materi-materi, kegiatan ini juga diisi dengan pembuatan kerajinan tangan dari botol plastik bekas untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat. Antusiasme para siswa Janji Baik masih terus terlihat bahkan hingga akhir,” tuturnya.

Dari pantauan media, Kegiatan ini ditutup dengan tugas berkelanjutan untuk siswa Janji Baik, yaitu tanggung jawab melakukan pemilahan sampah di rumahnya masing-masing lalu sebulan kemudian diserahkan ke Janji Baik untuk sama sama membawa ke Bank Sampah.

Janji Baik sendiri merupakan sebuah sekolah gratis berbasis teknologi yang inklusif membantu setiap anak untuk mendapatkan haknya dalam memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas. Berpusat di Tangerang Selatan, Janji Baik juga banyak melakukan kegiatan yang bertujuan untuk mengasah aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik anak.

“Kami membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi setiap anak yang memiliki keterbatasan finansial untuk kembali bersekolah. Sesuai dengan misi dari Janji Baik untuk mengentaskan anak putus sekolah,” pungkas Kepsek Janji Baik.**(redaksi)

You might also like