Menulis Sebuah Kebenaran

Pemkab Pandeglang Tingkatkan Kompetensi Sumber Daya Aparatur Melalui Diklatpim

HARIANTERBIT.ID (PANDEGLANG) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang turut mendorong pengembangan Sumber Daya Aparatur dengan mengirimkan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama untuk mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional tingkat II (PKN II) di Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Kementerian Pertanian Ciawi, Bogor.

Tujuan Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat II tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural eselon II yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan.

Diantara peserta dari Pemkab Pandeglang adalah Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP

Nasir mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Pandeglang dalam mengakselerasi upaya reformasi birokrasi sesuai dengan program prioritas pemerintah.

“Inovasi dan cara baru dalam mengelola pemerintah harus berdampak luas bagi kesejahteraan masyarakat, dari pelatihan inilah hal itu semua dimulai. Dalam konteks pertanian, kami berharap dapat memberikan input signifikan terutama bagi kami untuk menghadirkan pertanian yang maju, mandiri dan modern.” ujarnya, di Pandeglang Minggu (03/09/2023)

Khusus dalam menyelesaikan rancangan proyek perubahan pelatihan kepemimpinan nasional ini, sebagai pemimpin strategis dirinya membuat inovasi kegiatan strategis digitalisasi data pangan Kabupaten Pandeglang. Nantinya berbagai stakeholder pertanian dapat menggunakan data tersebut dengan cepat dan valid.

“Sehingga kita bisa memiliki data yang mantap, realtime, akurat dan cepat dengan menyiapkan Sistem Informasi Digitalisasi Data Pangan yang nantinya disiapkan dalam bentuk aplikasi,” jelasnya.

Nasir menambahkan, dalam upaya mengoptimalkan potensi lahan pertanian di Kabupaten Pandeglang, DPKP juga menyiapkan kegiatan dalam meningkatkan kualitas SDM Pertanian.

“Pada tahun ini diupayakan pelaksanaan Sekolah Lapang (SL) Pertanian untuk para petani di 35 kecamatan. Semoga ada dampak signifikan dalam upaya meningkatnya produktivitas hasil pertanian,” katanya.

Diketahui, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXV ini berlangsung dari 10 Juli hingga 16 November 2023 dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan diikuti oleh 50 peserta dari berbagai instansi, yaitu dari Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kementerian Sosial, Sekretariat Negara, Lembaga Administrasi Negara, POLRI, Pemerintah Daerah, Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Badan Siber dan Sandi Negara serta Badan Keamanan Laut. (Asep WE)***

You might also like