banner 728x250
DAERAH  

Lapas Cirebon Terus Tingkatkan Kualitas Kesehatan Mental Warga Binaan dengan Terapi SEFT

Avatar of Redaksi
Lapas Cirebon Terus Tingkatkan Kualitas Kesehatan Mental Warga Binaan dengan Terapi SEFT I Harian Terbit
Keterangan foto : lapas Cirebon Terus Tingkatkan Kualitas Kesehatan Mental Warga Binaan dengan Terapi SEFT, (Sabtu, 17/2/2024)
banner 120x600

HarianTerbit.id, CIREBON – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga binaan, Lapas Cirebon bersama SEFT House Cirebon melakukan sosialisasi tahap awal untuk pelatihan terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique).

Acara di promotori SEFT House Cirebon yang diwakilkan oleh Ibu Ani Nirwanadjati beserta tim. Kalapas Cirebon, Yan Rusmanto menyambut baik kedatangan tim untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental para warga binaan di Lapas Cirebon. Staf Pembinaan, Pratomo dan Adi Prayitno mendampingi tim SEFT House Cirebon untuk berbincang lansung dengan tim psikoterapi Lapas Cirebon.

Terapi SEFT adalah metode penyembuhan dengan cara pembebasan muatan energi negatif didalam tubuh. Manfaat terapi ini dapat mengatasi masalah fisik ringan dan berat, trauma, phobia, luka batin, serta emosi negatif lainya. Teknik ini ditemukan oleh Ahmad Faiz yang berfokus pada penggalian akar masalah.

Ada 5 kondisi hati untuk SEFT yang efektif yaitu Yakin, Khusyu, Ikhlas (Ridho), Pasrah dan Syukur. Selain itu juga terdapat 5 sumber penderitaan yang harus diperbaiki jika ada didalam diri antaralain Menyesali masa lalu, Tidak menerima masa sekarang, Mengkhawatirkan masa depan, Tidak mampu memaafkan dan Meletakan kebahagiaan di mulut orang lain.

Juga tim psikoterapi Lapas Cirebon mempraktekan secara singkat 3 tahapan didalam SEFT. Pertama SET-UP, yaitu Doa apa yang kita inginkan kepada Allah. Kedua TUNE-IN, yaitu membayangkan atau menghadirkan emosi, peristiwa atau orang yang menjadi akar masalah. Ketiga TAPPING, yaitu melakukan ketukan pada 18 titik meridian jalur energi (titik akupuntur).

Tentu terapi SEFT ini melibatkan Allah SWT, Yang Maha Menyembuhkan. Dengan metode ini peserta dapat mengatasi permasalahan sendiri. Bahkan untuk yang sudah tahap lanjutan dapat melakukan terapi jarak jauh untuk orang lain. Semoga dengan adanya pelatihan ini, Lapas Cirebon dapat menebarkan ilmu tersebut kepada warga binaan untuk menciptakan ketenangan batin selama menjalani pembinaan.

(GTR)