DAERAH  

Lapas Cirebon Ikuti Rehabilitasi Medik WBP Lansia Senam Super SEFT dan Mindfulness

Avatar of Redaksi
Lapas Cirebon Ikuti Rehabilitasi Medik WBP Lansia Senam Super SEFT dan Mindfulness
Keterangan foto : Warga binaan Pemasyarakatan Lansia Lapas Cirebon Ikuti Senam Super SEFT dan Mindfulness Rehabilitasi Medik, (Kamis, 2/5/2024)

HarianTerbit.id, Cirebon | Lapas Cirebon Ikuti Rehabilitasi Medik WBP Lansia Senam Super SEFT & Mindfulness.

Lapas Cirebon rutin menggelar kegiatan Senam Super SEFT & Mindfulness khusus warga binaan lansia di pagi hari. Gerakan olahraga pada senam lansia tergolong mudah untuk dilakukan dan tidak memberatkan.

Petugas Pembina, Pungkas Wiji Santoso beserta Petugas Pengawas, Adi Prayitno dan Pratomo Ajiwibowo telah melaksanaan program tersebut yang bertempat di Blok RS Lapas Kelas I Cirebon.

Senam khusus lansia ini merupakan olahraga bermanfaat bagi lansia dikarenakan gerakan di dalamnya dapat memacu kerja jantung-paru dengan intensitas yang ringan dan gerakan censerung menyeluruh agar tubuh tetap bugar.

Senam ini juga dapat meminimalisir dan mengeliminasi resiko penyakit seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit arteri, serta penyakit yang beresiko lainnya bagi lansia.

SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) adalah salah satu bentuk terapi non farmakologi penggabungan sistem energi tubuh dengan terapi spiritual dengan teknik tapping atau ketukan ringan pada titik-titik tertentu di tubuh. Gerakan yang dilakukan diantaranya gerakan pada tangan, gerakan kaki, gerakan muka, dan juga gerakan kepala.

Setelahnya dilanjutkan dengan terapi meditasi Mindfulness. Meditasi tersebut dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka. Manfaatnya untuk mengurangi stress, dan menciptakan ketenangan diri.

Pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan aman, tertib, dan terkendali.

(RFT)

Ikuti kami di Google News