Menulis Sebuah Kebenaran

Lapas Cirebon Ikuti Pagelaran Seni Budaya Deklarasi Pemilu Damai Kemenkumham Tahun 2024

HarianTerbit.id, BANDUNG – Dalam rangka sukseskan Pemilu Damai 2024, Kanwil Kemenkumham Jabar bertempat di Lapas Perempuan Bandung laksanakan Deklarasi Pemilu Damai 2024 dan Pagelaran Seni Budaya Warga Binaan Pemasyarakatan di Jawa Barat dilaksanakan secara langsung dan daring melalui video konferensi.

Hadir pada kesempatan ini Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya, Ketua KPU Jabar, Umi Handayani, Ketua Bawaslu Jabar, Zaki Muhammad, Ketua Komisi Informasi Jabar, Ijang Faisal, Forkopimda Kota Bandung, Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Jabar, Kepala UPT se-Jawa Barat, serta WBP di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jabar.

Kegiatan diisi dengan beberapa agenda diantarayan, Pembacaan Deklarasi Pemilu Damai oleh WBP seluruh Jawa Barat, Penampilan Hadroh dari Anak Binaan LPKA I Bandung, Penampilan Tarian WBP Lapas Perempuan Bandung, Penampilan Grup Angklung Rutan Perempuan Bandung, Penampilan Grup Band Musik WBP dari Lapas Gunung Sindur, Lapas Sumedang, Lapas Tasikmalaya, Lapas Karawang, dan Lapas Narkotika Cirebon, serta Grup Band Pegawai Kanim Bandung.

Pada Laporan Kadivpas Jabar, Kusnali, disampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah mendorong partisipasi aktif WBP dan petugas di jabar dalam penyelenggarakan pemilu, menggelorakan semangat pemilu yang jujur adil dan berdemokrasi, menunjukan dukungan dan apresiasi kepada pemerintah dalam hal ini KPU.

Kemudian mengajak masyarakat berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi melalui pemilu, dan mewadahi kreatifitas WBP yang ada di Lingkungan Kemenkumham Jabar melalui WBP di 9 satuan kerja pemasyarakatan dan imigrasi yang ada di Jawa Barat.

Dilanjutkan dengan Ketua KPU Jabar, Umi Wahyuni, menyampaikan bahwa, “KPU jabar selalu menyuarakan kepada masyarakat mari kita sukseskan pelaksanaan Pemilu di Jawa Barat ini mengingat masyarakat jawa barat merupakan provinsi dengan pemilih terbanyak di Indonesia tentunya dengan jumlah TPS terbanyak juga,” Ungkapnya.

“Di tanggal 14 februari 2024 ini mari sama-sama kita gunakan hak pilih kita sebagai warga negara, besar harapan kami semua warga binaan pemasyarakatan di jawa barat dapat memberikan hak pilihnya dengan baik dimana partisipasi kita sangat berpengaruh terhadap arah tujuan bangs akita kedepan.” Lanjutnya.

“Sinergi sangat diperlukan untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu di wilayah jawa barat yang luas diikuti jumlah pemilih yang banyak, melalui kegiatan pagelaran seni seperti ini sangat kami apresiasi baik Bapa Kakanwil Kemenkumham Jabar maupun Kalapas Perempuan Bandung sebagai bentuk komitmen Kemenkumham Jabar mensukseskan pelaksanaan pemilu di Wilayah Jawa Barat ini.” Pungkasnya.

Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya, menyampaikan, “Melalui momen ini kita menunjukan bahwa Warga Binaan Pemasyarakatan di Jawa Barat memiliki kesadaran bahwa kita semua memiliki hak pilih dalam perhelatan pemilihan umum di tahun 2024, hari ini membuktikan bahwa seluruh insan pengayoman dan WBP yang ada diseluruh jawa barat bahwa pemilu adalah saluran untuk. mengekspresikan hak politk masing-masing baik dalam memilih perwakilan di legislatif maupun presiden.” Ungkapnya.

“Saya tegaskan tidak boleh ada yang apatis dan tidak ada yang boleh golput, kita harus semangat dan sadar dalam berpartisipasi melalui penggunaan hak pilih, mari salurkan aspirasi politik kita di tanggal 14 februari 2024 untuk berbondong-bondong ke TPS kemudian coblos kertas suara dengan baik dan benar sesuai dengan pilihan hati nurani masing-masing.” Lanjutnya.

“Lapas, Rutan, dan LPKA ini saya tegaskan bukan tempat sampah masyarakat tetapi tempat insan tuhan yang diberikan anugerah untuk mendapat hidayah dan menjadi lebih baik dari sebelumnya, keluar dari ketersesatan dan mampu berkreatifitas serta berguna bagi bangsa dan negara. Mari sukseskan Pemilu Damai di lingkungan Jawa Barat, kita baik petugas maupun WBP di Lingkungan Kemenkumham Jabar sama-sama berkontribusi positif untuk organisasi dan Negara, Mari Ciptakan Pemilu Damai di Jawa Barat.” Pungkas Kakanwil.

(Dn) 

You might also like