Menulis Sebuah Kebenaran

Lapas Cirebon Hadiri Acara Pemberian Remisi Anak Secara Virtual

HarianTerbit.id, Cirebon – Dalam rangka hari anak nasional tahun 2023, Petugas Lapas Cirebon ikuti streaming acara pemberian remisi anak via kanal youtube PasTV Ditjenpas.

Kegiatan ini menjadi bagian Star of Camp Tomorrow Community-Based Juvenile Care bertajuk Anak Binaan Terlindungi, Indonesia Maju.

Baca Juga : Warga Binaan Lapas Cianjur Tampilkan Seni Calung Pada Upacara Mieling Milangkala ke-110

Pemberian remisi ini salah satunya akan dilaksanakan di wilayah Kalimantan Barat, dari Pendopo Gubernur Kalimantan Barat. Acara dihadiri oleh Wakil Gubernur Ria Norsan, Ketua PKBI Nasional Ichsan Malik, Direktur Bimkemas & PA Pujo Harinto, jajaran pegawai Kanwil Kalbar dan LPKA Sungai Raya, beserta para anak binaan dan keluarga.

“Masa depan Indonesia, terletak pada pundak anak-anak kita. Karenanya melindungi kepentingan terbaik anak, sama dengan melindungi masa depan Indonesia. Walaupun adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anak, bukan berarti adanya pembatasan kepada hak mereka.

Sistem perlakuan dari pemenjaraan menjadi Lembaga Pembinaan khusus anak, harus dilakukan secara khusus dan sesuai dengan kebutuhan anak. Dukungan keluarga juga dibutuhkan agar anak dapat bertanggung jawab.

Sarana pembinaan, rehabilitasi, reintegrasi sudah digencarkan supaya mereka dapat diterima kembali oleh masyarakat.” Ujar Direktur Bimkemas & PA Kemenkumham RI, Pujo Harinto.

Ini Juga : Lapas Cirebon Ikuti Seminar Motivasi Peringati Hari Anak Nasional

Tak hanya pemberian remisi, kegiatan juga akan dirangkai dengan penyerahan KTP dan KIA serta talkshow pola asuh dan pemenuhan hak Anak Binaan. Mereka juga menampilkan kesenian Tari Tidayu, Musik, dan Pertunjukan Drama.

Pada penghujung acara ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada para stakeholder dan sesi foto bersama.

Perlu diingat, anak adalah peniru andal. Mereka akan tumbuh menjadi apa yang biasa mereka saksikan di sekitarnya.

Maka berilah mereka contoh dan pendidikan yang baik, penuhi mereka dengan kasih sayang dan perlindungan.

Dengan adanya pemberian remisi dikesempatan ini, Semoga dapat menjadi turning point sebagai upaya pemenuhan Hak anak binaan. Tetap semangat !, Jalan kalian masih panjang. Jadikan kesalahan masa lalu sebagai pemicu tuk meraih kesuksesan di masa depan. (Deni/red) 

You might also like