Menulis Sebuah Kebenaran

Keren, Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Yang Menggetarkan Hati di Desa Pasir Kembang

HarianTerbit.id, Lebak | Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta Jakarta telah mencuri perhatian dan disambut hangat oleh masyarakat setempat.

Dalam acara yang berlangsung selama tiga hari, kepala desa Pasir Kembang, Bapak Muhamad Jakaria yang akrab disapa Jaro Ilyas, turut menyambut kehadiran mahasiswa dengan antusiasme yang tinggi.

Selain itu, tokoh masyarakat setempat, Bapak Rustala, serta para kasepuhan kampung juga memberikan ucapan dukungan mereka yang tulus.

Baca Juga : Lapas Cirebon : Seluruh Pelayanan di Lapas Cirebon Gratis

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan inisiatif dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling dengan kerjasama UNITAS BK (Unit Aktivitas Pendidikan Bimbingan dan Konseling).

Kegiatan tersebut berfokus pada pembangunan satu titik air bersih dan MCK, serta memberikan layanan bimbingan karir kepada siswa SMA Negeri 2 Maja.

Mahasiswa dari Universitas Indraprasta Jakarta, yang berjumlah sekitar 45 orang, tampil dengan semangat yang membara dan kesungguhan dalam menjalankan tugas mereka.

Dalam waktu tiga hari, mereka berhasil melaksanakan pembangunan infrastruktur air bersih dan MCK yang akan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Desa Pasir Kembang.

Ini Juga : HIMANERA Universitas Sutomo Gelar Aksi Bakti Sosial Bersama Anak Yatim Dan Dhuafa

Tidak hanya itu, mahasiswa juga memberikan layanan bimbingan karir kepada para siswa SMA Negeri 2 Maja.

Dalam sesi-sesi interaktif yang dipenuhi semangat, mereka memberikan panduan yang berharga dalam merencanakan masa depan dan memilih jalur karir yang tepat.

Kepala Desa Jaro Ilyas menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indraprasta Jakarta.

Beliau mengungkapkan, “Kami sangat terkesan dengan semangat dan dedikasi para mahasiswa dalam membantu masyarakat kami.

Pembangunan air bersih dan pelayanan bimbingan karir akan memberikan dampak positif yang besar bagi kemajuan desa kami.”

Tokoh masyarakat Rustala juga turut memberikan dukungan dan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa Universitas Indraprasta Jakarta atas kontribusi yang diberikan.

Ia menyatakan, “Kehadiran mahasiswa ini membawa harapan baru bagi kami. Kami berharap kegiatan ini akan berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat Desa Pasir Kembang.”

Baca Ini : Lapas Cirebon Ajak WBP Ikuti Paket C, Raih Ijazah SLTA/Sederajat

Kasepuhan kampung Pasir Kembang, yang memiliki peran penting dalam masyarakat, juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pengabdian ini.

Mereka melihat kegiatan tersebut sebagai wujud nyata dari kolaborasi antara universitas dan masyarakat dalam membangun kesejahteraan bersama.

Ketua UNITAS BK, Saudari Fitri Khusnul Khotimah, mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Ia menjelaskan, “Kami sangat senang melihat antusiasme dan partisipasi aktif mahasiswa dalam menghadirkan Kegiatan positif di Desa Pasir Kembang.Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal dalam memperluas pengabdian masyarakat kami dan memberikan manfaat yang berkelanjutan.”

Ketua Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Ibu Sabrina Dachmiati, M.Pd.Kons, juga menyampaikan apresiasi terhadap mahasiswa atas dedikasi dan kerja keras mereka.

Beliau menegaskan, “Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya berkompeten secara akademik, tetapi juga memiliki kepekaan sosial dan kemampuan mengabdi kepada masyarakat.”

Baca Ini : Pemkab Pandeglang Dengan Universitas Terbuka Teken Kerjasama Peningkatan Kualitas Mutu Pendidikan Dan Sumber Daya Manusia

Dengan keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat ini, Universitas Indraprasta Jakarta semakin mengukuhkan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada pengembangan diri mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat.

Keberhasilan ini juga menjadi cerminan dari prestasi dan dedikasi Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling dalam melahirkan mahasiswa yang siap menghadapi tantangan dunia nyata.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta Jakarta di Desa Pasir Kembang tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terlibat dalam kegiatan serupa.

Dengan semangat kolaborasi dan kepedulian sosial, mereka mampu menciptakan perubahan nyata dan mengangkat nama baik universitas serta program studi mereka.

Universitas Indraprasta Jakarta berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan pengabdian masyarakat dan memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi pembangunan sosial di berbagai wilayah.

Baca Juga : Resmi, Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1444 H Jatuh Pada 29 Juni 2023

Melalui inisiatif semacam ini, universitas berharap dapat melahirkan lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki kepekaan sosial serta kemampuan untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat. (Deni/red) 

You might also like