Intervensi Stunting & Siapkan SDM Berkualitas, Relawan di Kecamatan Cimanuk & Picung Dilatih Pos Gizi DASHAT.

Avatar of Redaksi
Intervensi Stunting & Siapkan SDM Berkualitas, Relawan di Kecamatan Cimanuk & Picung Dilatih Pos Gizi DASHAT. I Harian Terbit

Pandeglang – Sebagai upaya menurunkan angka stunting dan mencetak generasi yang berkualitas, para Relawan di wilayah Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang diberikan Pelatihan Relawan Pos Gizi Dashat bertempat di Gedung PGRI Kecamatan Cimanuk.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai 25-26 September 2023 ini menghadirkan lima orang relawan Pos Gizi DASHAT dari tujuh desa yang ada di Kecamatan Cimanuk yaitu Desa Batubantar, Gunungdatar,Sekong, Dalembalar, Kadumadang, Kadudodol dan Gunung Cupu Kegiatan Pelatihan Relawan Pos Gizi Dashat secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas DP2KBP3A Kabupaten Pandeglang Achmad Saefudin didampingi Camat Cimanuk Dedi Taftajani serta dihadiri oleh Distric Coordinator Program PASTI Kabupaten Pandeglang Nana Rahmat.

BACA JUGA;Sekda Pandeglang Lantik Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Esselon IIb

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas DP2KBP3A Kabupaten Pandeglang Achmad Saefudin menyampaikan apresiasi kepada para relawan yang telah hadir untuk Bersama-sama belajar tentang Pos Gizi DASHAT dan Gizi seimbang bagi keluarga Resiko Stunting terutama untuk Bduta/balita, Achmad Saefudin juga mengatakan peluang dari bonus demografi harus bisa dimanfaatkan untuk intervensi pembangunan manusia, untuk menghadapi bonus demografi tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas unggul untuk berinovasi dalam menjawab tantangan bonus demografi, yang akan dihadapi Indonesia pada tahun 2030-2045 mendatang, “katanya.

“Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sejak dini, yakni mulai dari 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) atau sejak ibu hamil mengandung anaknya, “ucapnya.
Menurutnya, untuk menghasilkan SDM berkualitas diperlukan perencanaan dan strategi promosi kesehatan yang komprehensif, kerja sama lintas sektor dan pemangku kepentingan, oleh sebab itu Pelatihan para Relawan Pos Gizi Dashat merupakan bagian dari menurunkan prevalansi angka stunting dalam menghadapi bonus demografi, “terangnya.

Ia berharap Pelatihan ini mampu menurunkan angka stunting di Kabupaten Pandeglang serta dapat meningkatkan SDM yang berkualitas, unggul sebagai upaya menyiapkan generasi emas menyambut bonus demografi 2045, “harapnya.

BACA
Hal senada disampaikan Camat Cimanuk Dedi Taftajani, Ia mengatakan untuk mengatasi stunting dan menyambut bonus demografi Kita perlu bergandeng tangan dengan semua pihak untuk bersama – sama meningkatkan SDM yang berkualitas, karena hal tersebut menjadi barometer utama dalam menghadapi bonus demografi, “tuturnya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, tentu saja pelatihan Relawan Pos Gizi Dashat ini bagian dari membentuk para relawan yang berkualitas dan unggul, karena kegiatan Pos Gizi DASHAT tidak akan bisa berjalan tanpa Komitmen dari para relawan “tambahnya.

Sementara iti, Distric Coordinator Program PASTI Kabupaten Pandeglang Nana Rahmat dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan kapasitas SDM bagi para relawan agar memiliki pemahaman, kesadaran, dan perilaku yang positif, dalam rangka penurunan prevalansi angka stunting di Kabupaten Pandeglang dan menyiapkan generasi yang memiliki SDM berkualitas untuk menghadapi bonus demografi, “katanya.
Ia menegaskan program PASTI adalah program kemitraan antara BKKBN dengan USAID, Tanoto Foundation, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), PT Bank Central Asia Tbk, dan Bakti Barito yang diimplementasikan oleh Wahana Visi Indonesia sebagai implementor dan Yayasan Cipta sebagai
sub-implementor untuk penanganan stunting, “tegasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan kegiatan Pelatihan Relawan Pos Gizi Dashat merupakan program PASTI yang berkelanjutan, setelah Tanggal 20 – 21 September 2023 yang lalu kita melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi Relawan Pos Gizi DASHAT dari tujuh Desa di Kecamatan Picung, dan dilanjutkan Pelatihan Relawan Pos Gizi DASHAT Tanggal 4 – 5 Oktober 2023 untuk 4 Desa di Kecamatan Cimanuk dan 2 Desa di Kecamatan Picung, sehingga Relawan di 20 Desa memperoleh Pelatihan Pos Gizi DASHAT.

Beliau menyampaikan tujuan Pos Gizi DASHAT adalah merhabiltasi/memulihkan anak kurang gizi dengan cepat, mempertahankan hasil pemulihan dan mencegah kekurangan gizi di masa depan. Sedangkan kegiatan Pos Gizi DASHAT ada dua yaitu Pos Gizi Positive Deviance (PD) dan Dashat. Intervensi Pos Gizi PD dan DASHAT adalah Pemberian makan dengan demonstrasi cara masak berbasis pangan local. Dengan sasaran Pos Gizi PD yaitu Anak 2T (tidak naik lebih dari sekali di Posyandu) dan Anak Gizi Kurang (underweight), sedangkan sasaran DASHAT yaitu Anak T (tidak naik sekali di Posyandu).

Ia berharap kegiatan pelatihan ini adanya penguatan dan peningkatan SDM bagi para relawan Pos Gizi Dashat, karena relawan ini merupakan garda terdepan dalam penanganan stunting dan melahirkan generasi SDM yang berkualitas dalam menurunkan angka stunting dan menyiapkan generasi emas di 2045, “harapnya.**($udenico/@$3pWE)

banner 325x300
Ikuti kami di Google News