Daerah  

HIPPI Dorong Kolaborasi Pengusaha dan Pemkot Jakarta Selatan dalam Pengelolaan Sampah

Avatar of Kontributor
HIPPI Dorong Kolaborasi Pengusaha dan Pemkot Jakarta Selatan dalam Pengelolaan Sampah

HARIANTERBIT.ID Jakarta Selatan – Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Jakarta Selatan mengadakan audiensi dengan Pemerintah Kota Jakarta Selatan di kantor Walikota Jakarta Selatan pada hari Jumat, 17 Mei 2024.

Audiensi yang dihadiri oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan Edi Sumantri dan sejumlah pejabat tinggi lainnya ini membahas berbagai agenda strategis untuk memperkuat kolaborasi pengusaha pribumi dan pemerintah kota Jakarta Selatan dalam pengelolaan sampah, energi terbarukan, UMKM, permodalan, olahraga, pariwisata, dan kesehatan.

Salah satu program unggulan yang dipresentasikan adalah pembentukan wirausaha rumahan “Juragan Jelantah” melalui pendirian RUMPUN (Rumah Himpun) Minyak Jelantah dari Bantubumi.

Program ini mengajak warga untuk mengumpulkan minyak jelantah yang sudah tidak terpakai dan menukarkannya dengan insentif dana ataupun produk. “Program RUMPUN tidak hanya cocok untuk individu dan pensiunan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga sangat ideal bagi ibu-ibu PKK yang aktif di wilayah Jakarta Selatan,” kata Edi Sumantri, Wakil Walikota Jakarta Selatan.

Ia menambahkan bahwa program ini akan membantu mengurangi limbah rumah tangga dan memberikan manfaat ekonomi langsung kepada masyarakat.

Selain itu, HIPPI Jakarta Selatan juga membahas program pengadaan vending machine untuk sampah plastik, yang memungkinkan warga menukar sampah plastik dengan saldo uang.

Program pemberian panel surya ke sekolah-sekolah di Jakarta Selatan juga diusulkan untuk meningkatkan kesadaran akan energi terbarukan. HIPPI Jakarta Selatan turut menawarkan akses permodalan bagi UMKM, yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Dalam bidang pariwisata, HIPPI Jakarta Selatan mengusulkan event olahraga lari yang dikemas untuk mempromosikan sport tourism di Jakarta Selatan.

HIPPI Dorong Kolaborasi Pengusaha dan Pemkot Jakarta Selatan dalam Pengelolaan Sampah

Sementara itu, dalam bidang kesehatan, HIPPI Jakarta Selatan merencanakan sosialisasi pencegahan diabetes melalui produk berbasis gula stevia, guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kadar gula darah yang sehat.

Ketua Umum HIPPI Jakarta Selatan, Azka Aufary Ramli, mengungkapkan harapannya agar pengusaha yang tergabung dalam HIPPI dapat memberikan banyak solusi untuk kemajuan pemerintah kota. “Kami berharap kolaborasi ini akan menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kualitas hidup warga Jakarta Selatan dan mendukung program-program pemerintah daerah,” ujar Azka.

Audiensi ini menunjukkan komitmen kuat antara HIPPI dan Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk bekerja sama dalam mewujudkan berbagai program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan respons positif dari Wakil Walikota Jakarta Selatan dan jajarannya, diharapkan program-program seperti RUMPUN Minyak Jelantah, vending machine sampah plastik, pemberian panel surya, akses permodalan bagi UMKM, sport tourism, dan sosialisasi kesehatan dapat segera diimplementasikan dan membawa perubahan signifikan bagi Jakarta Selatan.

banner 325x300
Ikuti kami di Google News