banner 728x250
DAERAH  

Dorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Dokter Lapas Cirebon Beri Penyuluhan Kesehatan

Avatar of Redaksi
Dorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Dokter Lapas Cirebon Beri Penyuluhan Kesehatan I Harian Terbit
Keterangan foto : Kepala Lapas Cirebon Pimpin Langsung Apel pagi Rutin di lingkungan Lapas, (Senin, 25/3/2024)
banner 120x600

HarianTerbit.id, CIREBON – Penyuluhan kesehatan tersebut diberikan oleh Dokter Ilmi di sela-sela kegiatan Apel mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

PHBS mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk kebersihan pribadi, sanitasi, pola makan sehat, aktivitas fisik, dan kesehatan lingkungan.

Hal tersebut tentu sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, terutama di tengah kondisi yang rentan terhadap penyakit.

Dokter Ilmi menyampaikan beberapa pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya adalah cuci tangan untuk menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir adalah cara yang efektif untuk mencegah penyebaran penyakit infeksi, terutama di musim batuk, pilek, dan demam.

Selanjutnya adalah Hindari Kontak Dekat dengan Orang yang Sakit, menghindari kontak langsung dengan orang yang sakit, terutama jika mereka memiliki gejala batuk, pilek, atau demam, dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit.

Selain itu juga disampaikan untuk menggunakan masker bagi yang sakit, hal tersebut bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan penyakit infeksi, terutama jika memiliki gejala seperti batuk atau pilek.

“Selain dari tips tersebut, penting juga untuk memenuhi kebutuhan mineral dengan cara berat badan dibagi dengan 30, misalnya adalah berat badan kita 60 kg, maka kebutuhan air yang harus terpenuhi adalah 2 liter, serta penuhi kebutuhan protein dan karbohidrat yang cukup.” Ujar Dokter Ilmi.

Dokter ilmi juga memberikan pesan kepada kita semua mengenai etika batuk, seperti Hindari batuk ke tangan dikarenakan dapat menyebabkan penyebaran kuman saat menyentuh permukaan lain, maka dari itu gunakan tisu atau lengan bagian dalam siku saat batuk.

Kalapas Cirebon, Yan Rusmanto juga memberikan amanat agar seluruhnya dapat selalu berdoa di bulan yang baik ini, untuk meminta nikmat sehat kepada Allah SWT.

Diharapkan dengan adanya kegiatan penyuluhan kesehatan ini, seluruh pegawai Lapas Cirebon dapat mempraktekan dengan baik dalam rutinitas sehari-hari agar tetap sehat dan bugar.

(GTR/RFT)