DIGITALISASI KESELAMATAN DI AREA PERTAMBANGAN

Avatar of Redaksi
DIGITALISASI KESELAMATAN DI AREA PERTAMBANGAN I Harian Terbit

Harianterbit.id-Jakarta, Kepala Divisi Safety Health and Environment (SHE) Pamapersada Nusantara, Herjadi Budiman mengatakan, peringatan bulan K3 Nasional dijadikan sebagai momentum untuk senantiasa mengingat bagaimana budaya K3 itu harus diselenggarakan.Jumat(24/2/23)

Di internal Pamapersada Nusantara, kata Herjadi, pelaksanaan K3 mulai memanfaatkan teknologi sebagai upaya agar budaya K3 dapat berjalan.

Sebagai informasi, PT Pamapersada Nusantara telah memiliki Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan yaitu PAMA SHE Management System, dimana sistem yang dimiliki oleh PAMA berdasarkan pada Manual PSMS, Kepdirjen Minerba No.185 Tahun 2018 tenteng SMKP4 ISO 45001:2018, dan AGC bidang pertambangan (Astra International) 5.SDG’s Goais (aspirasi ESG terkait OHS).

Sementara itu, Nasir menjelaskan, sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap pererapan kaidah-kaidah pertambangan, perusahaan berupa mendevelop keselamatan di tempat kerja.

“Sebagai perusahaan pertambangan, masukan maupun kritik supaya dapat dilakukan perbaikan ke depannya,”

PT Pamapersada Nusantara memilki 15 Area Operasi Coal Mining.

Dan 2 Area Operasi Gold Mining.Area Operasi tersebut ditopang oleh 1 Kantor Pusat dan 3 Kantor Pembantu. Menurutnya, PAMA saat ini memiliki 30.251 orang karyawan termasuk dengan mitra kerja dan subkontraktor.

“Sebagai kontraktor pertambangan, PAMA masih fokus pada pertambangan batubara. Namun, untuk meningkatkan fleksibilitas bisnis, PAMA terus mencari peluang diversifikasi bisnis untuk mengurangi ketergantungan pada batubara termal,” Ungkap Herjadi Budiman SHE.Division Head PT Pamapersada Nusantara.(Bamsur)