Menulis Sebuah Kebenaran

Dandim 0603 Lebak Rawat Tradisi Adat di Cibeber Lewat Meriahkan Seren Taun

Harianterbit.id LebakKegiatan Acara Adat Seren Tahun Kasepuhan Cisitu merupakan hari bersejarah bagi masyarakat adat Kasepuhan Cisitu di Desa Situmulya, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Dalam upaya untuk mewujudkan aktualisasi ketahanan pangan nasional dan ekonomi yang kuat, mereka telah menggelar penyuluhan pertanian dalam rangka Seren Taun 2023 di Bale Paseban Kasepuhan Cisitu, Minggu, (6-8-2023)

Warga Kasepuhan Cisitu mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Kab. Lebak atas perhatian terhadap warga masyarakat kasepuhan cisitu beserta budayanya yang harus di lestarikan.

Seren tahun Kasepuhan Cisitu dihadiri oleh Komandan Kodim 0603/Lebak, para pejabat daerah dan para tamu undangan serta ratusan warga sekitar maupun dari luar Cisitu yang satu keturunan/keluarga, maupun wisatawan lokal yang ingin menyaksikan adat dan tradisi di kasepuhan Cisitu.
Puncak acara adat seren tahun Kasepuhan Cisitu tahun 2023 di laksanakan Pada hari Minggu tanggal 06 Agustus 2023 yang bertempat di Pendopo Kasepuhan Cisitu Kp. Sukatani Ds. Situmulya Kec. Cibeber Kab. Lebak, dengan tema *Ruat Jaga Adat Ekonomi Kuat* yang diikuti kurang lebih 1500 orang dari berbagai lapisan masyarakat dan para tamu undangan.

Sebagai penanggung jawab kegiatan sekaligus Kasepuhan Cisitu H. Yoyo Yohenda menyampaikan sambutannya_*”Bahwa adat dan tradisi warisan nenek moyang terdahulu harus kita jaga bersama sebagai wujud Bhineka Tungal Ika, hal ini serupa dengan apa yang sudah diamanatkan para pendiri negeri ini, namun dalam pelaksanaannya harus bersinergi dengan pejabat penyelenggaraan Negara, dan mengedepankan sipat toleransi serta saling menjaga dan saling mengisi”*_.

“Kasepuhan Cisitu H. Yoyo Yohenda menyampaikan juga harapannya semoga pada tahun depan jalan yang masuk ke lokasi Kasepuhan Cisitu mohon di bangun dan dianggarkan oleh pemerintah Kab. Lebak… Pungkasnya.”

“H. Yoyo Yohenda sebagai kasepuhan Cisitu menyampaikan ucapan trimakasih ke pada Danrem 064/MY dan Dandim 0603/Lebak karena sudah mendukung dan merealisasikan bantuan semen dan tower penguat sinyal demi lancarnya komunikasi di wilayah Cisitu maupun ke luar Cisitu karena selama ini susah sekali untuk berkomunikasi yang terkendala oleh sinyal yang mana itu semua merupakan sebuah kebutuhan dan cara bersilaturahmi, semoga dengan adanya pembangunan tower penguat sinyal ini membawa berkah dan mamfaat buat kita semua,” Pungkasnya.

Hadir juga dalam acara Puncak Adat Seren Tahun Kasepuhan Cisitu yaitu Mayjen TNI Ridho Hermawan (Lemhanas) Yang menyampaikan dukungannya.

“Kami sangat mendukung dalam pembangunan di Cisitu ini karena pemerintah sangat memperhatikan semua desa yang boleh dikatakan belum tersentuh secara menyeluruh baik dalam sektor pembangunan, Pendidikan dan lainnya, karena itu perlu pemikiran dan pertimbangan yang matang dalam setiap menentukan kebijakan karena semua itu demi memajukan warganya sejahtera”*_ pungkasnya

Letkol Arh Erik Novianto, S.Sos (Dandim 0603/Lebak) bersama Ketua Adat Kasepuhan Cisitu H. Yoyo Yohenda dan tamu undangan secara simbolis memasukan hasil panen ke Leuit Gedong Manala Pageuh (tempat penyimpanan hasil panen) yang merupakan rangkaian dari kegiatan Puncak Acara Adat Seren Tahun Kasepuhan Cisitu, Minggu, 6-Agustus-2023.

You might also like