Menulis Sebuah Kebenaran

Cegah Stunting, USAID ERAT – Pemkab Pandeglang Gelar Lokakarya Pemanfaatan Program SDI

harianterbit.id  Pandeglang – Dalam rangka menciptakan basis data nasional yang terpadu dan terstandarisasi, USAID ERAT bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang menggelar Lokakarya Pemanfaatan Satu Data Indonesia (SDI)  Dalam Optimalisasi Percepatan Penurunan Stunting Di Kabupaten Pandeglang, Selasa (30/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut, District Facilitator USAID ERAT Kabupaten Pandeglang Yeddy Andriansyah mengatakan Satu Data Indonesia (SDI) bertujuan untuk menciptakan basis data nasional yang terpadu, terstandarisasi dan dapat diakses oleh semua pihak terkait, “katanya.

Menurutnya, dalam konteks Lokakarya pemanfaatan SDI dalam optimalisasi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pandeglang memainkan peran kunci dalam menyediakan data yang akurat dan terintegrasi, dimana SDI ini mampu mengumpulkan berbagai data dari segala sektor, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan lain sebagainya.

“Dengan adanya SDI, para pemangku kepentingan dapat mengakses data secara mudah, melakukan analisis yang komprehensif dalam merancang strategi penanggulangan stunting yang lebih efektif, “ucapnya.

Ia menegaskan sebagai upaya untuk mengoptimalkan pengunaan SDI dalam menurunkan stunting di Kabupaten Pandeglang, dibutuhkan strategi penyelenggaraan SDI yang tematik dan fokus pada penanganan stunting, dimana strategi ini melibatkan berbagai langkah untuk memastikan data yang relevan dan akurat untuk keperluan peneurunan stunting, “tegasnya.

“Untuk memastikan keberhasilan penurunan stunting, penguatan data dan informasi menjadi hal yang krusial, selain mengumpulkan data yang komprehensif pelu juga memperkuat sistem pengelolaan data dan penyajian informasi yang mudah diakses, hal ini akan memudahkan pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan berdasarkan data yang ada, “terangnya.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Sandi dan Statistik Gunara Drajat mengatakan data merupakan pijakan utama yang memberikan landasan dan informasi yang diperlukan untuk memahami masalah stunting, dengan memiliki data yang akurat dan terpercaya, kita dapat mengidentifikasi faktor resiko, menentukan kebijakan, serta melacak dan memonitor progres penurunan stunting, “katanya.

“Penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) menjadi landasan strategis dalam optimalisasi penurunan stunting, diharapkan dengan data yang akurat dan tepat penanganan stunting di Kabupaten Pandeglang dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien, “pungkasnya.**($udenico/WE)

You might also like