BPN Pandeglang Kerjasama Penataan Kelembagaan Akses Reforma Agraria Bersama Pelaku UMKM

Avatar of Redaksi
BPN Pandeglang Kerjasama Penataan Kelembagaan Akses Reforma Agraria Bersama Pelaku UMKM I Harian Terbit

Pandeglang – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pandeglang melakukan kerjasama Akses Reforma Agraria bersama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bumdes Desa Kaung Caang, Senin (16/10/2023) bertempat di Kantor Desa Kaung Caang Kecamatan Cadasari Pandeglang.

Koordinator Kelompok Substansi Landreform dan Pemberdayaan Tanah Masyarakat pada Seksi Penataan dan Pemberdayaan BPN Pandeglang Tedi Setiadi mengatakan kegiatan kerjasama ini merupakan lanjutan dari penyusunan kekuatan kelembagaan yang mana penguatan kelembagaan ini sebagai dasar agar para pelaku UMKM di Pandeglang terutama UMKM Bumdes Kaung Caang Kecamatan Cadasari ini berbadan hukum, “katanya.

“Kami berinovasi menginginkan agar para pelaku UMKM di Desa Kaung Caang ini berbadan hukum, oleh sebab itu sebagai modal dasar tersebut kita bekerjasama supaya produk-produk UMKM dari Desa Kaung Caang ini bisa berkembang luas, “terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan adapun jenis kerjasama yang dilakukan bersama UMKM Kaung Caang diantaranya kerjasama disektor pertanian, perikanan dan lain-lain dengan harapan agar produk UMKM di Pandeglang terus maju dan berkembang, “ucapnya.

“Ada sekitar beberapa kelompok UMKM di Desa Kaung Caang yang di kerjasamakan dalam penguatan kelembagaan diantaranya kelompok usaha, kelompok wanita tani dan kelompok pengrajin, “ungkapnya.

Ia menegaskan untuk tahun ini kita sudah melakukan kerjasama dalam penguatan kelembagaan bersama para pelaku UMKM yang ada di Bumdes diantaranya desa Bandung, desa Kaung Caang dan desa Mekar sari dan desa Pager batu, “tegasnya.

Ia berharap dari kerjasama ini produk-produk UMKM di Kabupaten Pandeglang bisa maju dan berkembang serta mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi para pelaku UMKM, “harapnya.

Sementara itu, Kepala desa Kaung Caang Humaedi mengatakan sangat mendukung kegiatan kerjasama penguatan kelembagaan bagi pelaku UMKM ini, hal ini tentu saja mampu mengangkat produk-produk lokal agar mudah dipasarkan serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “katanya.

Menurutnya, produk UMKM di Pandeglang khususnya di desa Kaung Caang memiliki potensi yang cukup besar, sehingga perlu dorongan dan dukungan dari semua pihak agar UMKM di desa ini semakin berkembang, oleh karena itu dengan adanya kerjasama penguatan kelembagaan ini diharapkan menambah motivasi bagi para pelaku UMKM agar lebih maju dengan tujuan yaitu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan para pelaku UMKM itu sendiri, “pungkasnya.

banner 325x300
Ikuti kami di Google News