Daerah  

Berkah Daging Kurban Dimasa Pandemi

Avatar of Redaksi
Berkah Daging Kurban Dimasa Pandemi I Harian Terbit

HARIANTERBIT.ID BOYOLALI – Suara takbir berkumandang pada saat hari raya Idul Adha. Hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, memang masih seperti tahun lalu, diliputi suasana Pandemi Covid 19. Hingga didalam pelaksanaannya pun harus mengikuti protocol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Namun demikian, perayaan Hari Raya Idul Adha di Dukuh Dersono, Kabupaten Boyolali tetap berjalan dengan lancar, begitu pula dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban.

Berhubung dengan ketetapan Pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali, maka penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Juli 2021 dan dimulai pada pukul 07.00 WIB. Dengan lokasi penyembelihan bertempat di Gang Pondok Yambul Hikmah.

“Demi kebaikan bersama, kami tetap harus menaati aturan dari Pemerintah dan hal ini sudah disepakati Panitia Pelaksana Hewan Kurban.” kata Maryadi (49) selaku Sekertaris saat ditemui ditempat kegiatan.(21/07/2021)

Tampak dilokasi kegiatan juga dihadiri oleh Bapak Jumiran sebagai penanggung jawab 2 acara penyembelihan hewan kurban, yang juga telah memberi dukungan didalam pembentukan kepanitiaan demi keberlangsungan kegiatan ini. Namun Bapak Rohmat hidayat sebagai penanggung jawab 1 belum bisa hadir dilokasi kegiatan dikarenakan sedang sakit.

Kegiatan pemotongan hewan kurban ini banyak melibatkan elemen masyarakat, namun dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan. Bahkan bukan hanya orang tua, tapi kegiatan ini juga melibatkan para pemuda, mereka sangat antusias untuk membantu. Begitu pula dengan Ibu ibu rumah tangga yang dengan sigap menyiapkan nasi bungkus untuk dibawa ke tempat penyembelihan.

“Nasi bungkus ini untuk sarapan panitia, anak muda dan masyarakat yang ada ditempat penyembelihan.” kata Yuyun(41) Salah satu warga saat ditemui dilokasi kegiatan (21/7/2021)

Jumlah hewan kurban tahun ini terdiri dari 4 ekor sapi yang akan dibagikan kepada 100 Kepala Keluarga di Dukuh Dersono. Pendistribusian daging dilakukan sekitar pukul 14.00 dengan cara mendatangi rumah warga agar tidak terjadi kerumunan dilokasi kegiatan.

“Alhamdulillah, untuk masalah pembagian daging kurban tidak ada kesulitan. Setiap kepala keluarga mendapatkan 4 kilogram daging kurban” kata Bambang (50) selaku Panitia Hewan Kurban saat ditemui dilokasi kegiatan. (21/07/2021)

Bagi masyarakat Dukuh Dersono, kegiatan penyembelihan hewan kurban memamang sangat ditunggu – tunggu, karena mereka begitu merasakan manfaatnya terlebih lagi dimasa pandemi seperti ini. Dengan adanya kegiatan pemotongan hewan kurban, telah membuat masyarakat senang.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya penyembelihan hewan kurban, karena bisa menikmati daging secara gratis di tengah pandemi ini.”kata Suwarsi (58) salah satu warga penerima daging kurban saat ditemui di rumahnya. (21/07/2021)

“Selain senang, saya juga bersyukur bisa menikmati daging kurban yang disembelih dengan lantunan Takbir. Menurut saya ini menambah keberkahan dalam memeriahkan Hari Raya Idul Adha.” tambah Evi Karlina (25) seorang ibu rumah tangga saat ditemui di rumahnya.
(Ica Klara Monica)

banner 325x300
Ikuti kami di Google News