Menulis Sebuah Kebenaran

Berkaca Pada Pemilu 2019, Kiai Maman PKB Minta Fasilitas kesehatan KPPS Diperhatikan

Harianterbit.id JAKARTA – Anggota DPR RI Fraksi PKB KH Maman Imanulhaq meminta para petugas KPPS diberikan layanan kesehatan selama masa proses pemilihan umum pada tanggal 14 Februari 2024 nanti. Hal itu dilakukan untuk memastikan para petugas pemunggutan suara bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Menurut Dewan Syuro DPP PKB itu, tugas berat yang diemban KPPS punya resiko besar terhadap kesehatan bahkan sampai ada yang kehilangan nyawa. Apalagi, imbuh Kiai Maman, pada pemilu sebelumnya banyak petugas yang menjadi korban sakit dan meninggal pada tahun lalu.

“Saya berharap KPPS dilindungi oleh jaminan kesehatan serta diberikan fasilitas kesehatan selama mereka menjalankan tugasnya. KPPS itu punya beban kerja yang tidak ringan sehingga resiko terhadap kesehatannya tinggi,” kata Kiai Maman kepada wartawan, Selasa (6/2).

Menurut Kiai Maman, faktor penyebab banyak petugas yang sakit bahkan sampai meninggal dunia lantaran beban kerja yang tinggi, juga tekanan menyelesaikan pekerjaan yang cukup lama. Hal itu menjadi salah satu faktor banyak petugas yang sakit atau meninggal dunia.

Selain jaminan kesehatan jasmani, Kiai Maman juga berharap para petugas diberikan layanan pendampingan psikolog bagi KPPS yang membutuhkan. Jangan sampai juga kesehatan jiwa dan raga menjadi terganggu akibat beban kerja dan tekanan yang tinggi kepada para KPPS.

“Dengan begitu sama saja kita menjaga kualitas demokrasi. Petugas KPPS yang profesional dan sehat menjadi salah satu faktor penting dalam upaya menghasilkan keputusan pemilu yang baik,” kata Kiai Maman

You might also like