Arief Hidayat Thamrin : Launching buku Gagasan, Visi dan Legasi untuk TV Publik Indonesia

Avatar of Redaksi
Arief Hidayat Thamrin : Launching buku Gagasan, Visi dan Legasi untuk TV Publik Indonesia I Harian Terbit

Jakarta – Ex Dewan Pengawas TVRI Launching buku “Gagasan, Visi dan Legasi untuk TV Publik Indonesia” bertepatan dengan hari lahirnya.

“Peran televisi publik ternyata sangat penting. Baik untuk berita, edukasi, kesehatan, budaya, olah raga, kebencanaan, religi dan banyak hal lainnya. Buktinya saat pandemi Covid19, TVRI sangat bermanfaat untuk program belajar dari rumah kerjasama Kemendikbud, program religi ibadah agama dan edukasi kesehatan.

“Demikian pernyataan Arief Hidayat Thamrin, konsultan dan mantan Ketua Dewan Pengawas TVRI periode 2017-2020 di acara Radio MNC Trijaya Hot Topik, Jum’at 28 July 2023. Acara dipandu Ike Kesuma dan Fadli.

Talkshow seru ini membedah buku bertajuk Gagasan, Visi dan Legasi untuk TV Publik Indonesia yang ditulis Arief Hidayat Thamrin yang diluncurkan hari ini bertepatan dengan milad beliau.

Media layanan publik seperti TVRI sangat berbeda dengan swasta. Misi edukasi, sosialisasi dan pelayanan publik yang bermanfaat untuk bangsa, merupakan tugas mulia yang di emban.

Buku yang di tulis ini membahas tentang : kiprah, gagasan, visi dan legasi untuk TV Publik di Indonesia.

Kiprah TVRI di saat pandemi merupakan salah satu media yang ampuh dan efektif. Baik dalam bentuk program berita, edukasi kesehatan, belajar dari rumah, kegiatan ibadah agama dan banyak hal lainnya. Tanpa perlu ada biaya pulsa atau paket internet, praktis, efektif dan efisien.

Selain itu, media publik seperti TVRI juga sangat bermanfaat untuk mitigasi bencana. NHK Jepang sebagai media publik sangat berperan di saat bencana. Fungsi TVRI dalam kebencanaan dapat terus ditingkatkan dengan sinergi antar media dan lembaga kebencanaan, sistem peringatan dini, navigasi info bencana dan edukasi preventif kebencanaan.

Ketua Dewan Pengawas TVRI periode 2017-2020 juga menyampaikan bahwa “Dalam buku ini juga terdapat gagasan yang ingin di estafetkan untuk TVRI kedepan. Misalnya tentang revisi regulasi, strategi peningkatan anggaran TVRI, perbaikan sistem sumber daya manusia, budaya dan tata kelola manajeman yang lebih baik merupakan beberapa kunci sukses untuk perbaikan kedepan.

Lanjut Arief Thamrin dalam keterangan persnya “Perjuangan dan transformasi memang belum usai. Perbaikan konten program TV, kemasan kreatif dan kerjasama dengan konten kreator anak muda milinial misalnya, bisa menjadi sinergi yang efektif dan efisien untuk TVRI.”

“Pengembangan digital Multiplatform, pengelolaan arsip program, big data dan format multistrategi penta helix dan mimpi TVRI kedepan merupakan beberapa visi yang ingin saya selaku penulis legasikan kepada penerus TVRI di masa yang akan datang.” Tutupnya

banner 325x300
Ikuti kami di Google News