Aktivis Pantura Minta Inspektorat Profesional Sikapi Proyek Paving Block

Avatar of Redaksi
Aktivis Pantura Minta Inspektorat Profesional Sikapi Proyek Paving Block I Harian Terbit

Harianterbit.id,TANGERANG – Pengerjaan proyek paving Block di Kampung Lahat RT. 003/004 Desa buaran jati, Kecamatan Sukadiri mendapatkan sorotan keras dari Aktivis Pantura. Pasalnya pengerjaan proyek paving Block tersebut diduga dikerjakan asal-asalan tanpa mengedepankan mutu qualitas.

Aktivis Pantura Bondan kepada wartawan mengatakan, proses pengerjaan proyek tersebut saat pemasangan kanstin terlihat tanpa di gali, hanya menempel atau bersandar pada jalan dasar saja dan di ganjal oleh potongan belahan bambu, tentunya hal demikian Sangat berdampak terhadap mutu qualitas kekuatan proyek.

Menanggapi pengerjaan proyek tersebut, Bondan sangat menyayangkan proyek paving Block yang bersumber dari APBD Kabupaten Tangerang tahun 2023 ini dikerjakan asal-asalan.

“Diketahui bersama itu proyek bukan bantuan cuma-cuma akan tetapi itu menggunakan APBD hasil dari pajak masyarakat. Jadi masyarakat memiliki hak utama untuk mendapatkan proyek yang berkualitas, bermutu dan tahan lama penggunaan nya,”ujar Bondan kepada wartawan Kamis (27/4/2023).

Bondan menduga kanstin itu tidak digali lantaran untuk mencapai ketinggian jalan dalam mengatasi genangan air, semestinya bukan kanstin yang harus di utak-atik melainkan agregat dasarnya harus tinggi dan selain di gali pinggiran kanstin nya harus di semen agar ada kekuatan untuk menahan.

“Proyek insfratruktur itu dapat dirasakan kekuatan jangka lamanya terhadap pembangunan tersebut, bukan asal terlihat ada bangunan doang. Kita lihat aja 4 bulan kedepan,”pungkas Bondan.

“Kami juga temukan kanstin ukuran lebar hanya 18 cm yang seharunya 20 cm untuk kegiatan standar PL kecamatan,”tambah Bondan.

Baca juga: Diduga tidak sesuai SNI, Dinas Perkim Banten Didesak Lakukan Uji Kualitas Paving Block

Lanjut Bondan menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tangerang mengeluarkan anggaran terkait APBD Kabupaten Tangerang yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kegiatan Program Percepatan Peningkatan jalan lingkungan desa. Namun sangat disayangkan, akibat Kurangnya pengawasan PPTK Kecamatan dan pengerjaan asal-asalan, masyarakat yang dapat menjadi imbasnya sebagai penerima manfaat secara langsung.

“Untuk itu kami minta inspektorat dan kejaksaan agar dapat profesional menindak lanjuti berita ini. Guna mewujudkan pembangunan yang berkualitas dan tahan lama sehingga dapat mencegah praktik praktik korupsi,”pungkasnya .

“Dan apa penyebab nya proyek -proyek infrastruktur saat ini sangat mencolok sekali pengurangan mutu nya, dan pihak terkait pun seolah-olah diam tutup mata. Apa emang ada dugaan bagi-bagi upeti sehingga masyarakat yang jadi korban,”sambungnya.

Bondan menegaskan, pihaknya akan melayangkan surat kepada Inspektorat lewat tertulis maupun melalui aplikasi sp4n lapor.

“Tak dapat dibiarkan, hal ini guna mewujudkan pembangunan yang baik dan bermutu serta berkualitas terhadap Kabupaten Tangerang Gemilang,”pungkasnya

Untuk diketahui pengerjaan pembangunan Paving block tersebut salah satu kegiatan Kecamatan Sukadiri yang dikerjakan oleh CV.PUTRA RAJEG MANDIRI. (red)

banner 325x300
Ikuti kami di Google News