banner 728x250
Avatar of Redaksi
I Harian Terbit
banner 120x600

harianterbit, Jakarta – Tiket Mudik Lebaran Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan hingga H2 atau jadwal perjalanan hingga 11 April 2024 pada momen Lebaran 1445 H per hari ini, Senin (26/02) sudah dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

KAI (Persero) menerapkan kebijakan pembelian tiket oleh masyarakat dapat dilakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45), melalui kebijakan tersebut maka terhitung mulai 15 Februari 2024 lalu sampai dengan hari ini, pelanggan sudah dapat membeli tiket KA keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk jadwal berangkat 31 Maret s.d 11 April 2024 atau H-10 s.d H2 lebaran. Sementara jadwal keberangkatan selanjutnya dapat dipesan sesuai kebijakan pemesanan tiket H-45 sebelum jadwal keberangkatan KA yang akan dipesan.

Sampai dengan saat ini untuk jadwal keberangkatan 22 hari pra lebaran hingga pasca lebaran, yakni tanggal 31 Maret s.d 21 April (H-10 s.d H+10) terdapat ketersediaan tempat duduk sekitar 679.140 seat, total perjalanan KA Jarak Jauh sebanyak 1.190 perjalanan, dengan rata-rata 54 perjalanan KA per hari yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Dari jumlah tersebut sekitar 247 ribu tiket diantaranya telah terjual untuk keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen serta beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta pada 31 Maret hingga 11 April 2024 (H-10 s.d H2), jumlah pemesanan tiket dan ketersediaan tempat duduk masih dapat berubah mengingat penjualan masih berlangsung dan masih ada program KA tambahan yang akan dijalankan.

Dari data pemesanan tiket untuk masa angkutan pra lebaran, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan H-6 s.d H1 atau tanggal 4 s.d 10 April sehingga okupansi di beberapa KA pada tanggal tersebut sudah mencapai lebih dari 90 persen per KA untuk keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Terdapat sejumlah tujuan favorit untuk KA yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta, diantaranya Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen dan Kroya.

Secara keseluruhan ketersediaan tempat duduk untuk pemberangkatan pra lebaran yakni tanggal 31 Maret s.d 9 April masih cukup tersedia, masyarakat dapat menyesuaikan kembali pilihan tanggal dan jam keberangkatan jika ketersediaan tiket pada jadwal – jadwal favorit seperti H-4 s.d H-1 sudah terjual.

Adapun terkait program pemberangkatan KA tambahan, Daop 1 Jakarta akan melakukan sosialisasi kembali, terkait jumlah KA tambahan yang akan dijalankan pada masa Angkutan Lebaran. Masyarakat juga dapat melakukan pengecekan berkala melalui Aplikasi Access by KAI mengingat saat ini sistem penjualan tiket online dan dapat langsung terlihat jika ada KA tambahan yang sudah dapat dipesan tiketnya.

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi Access by KAI, yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran ini, KAI akan melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia. Inspeksi keselamatan dan penerapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) juga sudah telah dilakukan. Selain itu para petugas KAI juga terus dipersiapkan agar dapat memberikan layanan KA yang selamat, aman, nyaman dan sehat.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Djael)